Kamis, 05 Mei 2016

[Dunia] India Luncurkan Kapal Selam Scorpene

Produksi Dalam Negeri http://i2.wp.com/jakartagreater.com/wp-content/uploads/2016/05/kapal-selam-scorpene-india-1-e1462291968922.jpg?zoom=1.5&resize=666%2C394Kapal selam scorpene pertama hasil kerjasama dengan Perancis

Kalvari’, merupakan kapal selam kelas Scorpene pertama yang dibangun di galangan kapal Mazagon Dock Mumbai (MDL), India dan untuk pertama kalinya diluncurkan ke laut 2/5/2016. Menurut rincian yang diberikan oleh MDL, kapal selam Scorpene ini berlayar sekitar 1000 jam di bawah propulsi sendiri untuk percobaan pertama di laut, di lepas pantai Mumbai. Selama sortie itu, kapal selam ini menyelesaikan sejumlah tes awal pada sistem propulsi, Auxiliary Peralatan dan sistem, bantuan Navigasi, Alat Komunikasi dan Steering gear. Kapal selam itu kemudian kembali ke pelabuhan di malam hari setelah menjalani prosedur operasi standar.

Peluncuran perdana kapal selam Scorpene menandai tonggak dalam tahap pengembangan kapal selam konvensional India. Uji coba akan diikuti oleh sejumlah percobaan laut lainnya seperti percobaan permukaan, percobaan diving, uji coba senjata, uji kebisingan dan juga menguji kapal selam ke tingkat operasi yang ekstrem. Ujicoba kapal selam ini menjadi fase pembuka jalan bagi lima kapal selam Scorpene lainnya yang akan mengikuti jejak Kalvari.

India bergabung dengan kelompok eksklusif negara pembuat kapal selam pada tanggal 7 Februari 1992, dengan commissioning pertama dibangun kapal selam INS Shalki. Mazagon Dock kemudian melanjutkan untuk commissioning kapal selam lain, INS Shankul, pada tanggal 28 Mei 1994. Kapal selam ini masih dalam pelayanan bahkan dua dekade setelah mereka ditugaskan.

Pada tahun 1999, Angkatan Laut India mencanangkan Rencana Akuisisi kapal selam, dengan roadmap 30 tahun untuk membuat 12 kapal selam pada tahun 2012 dan jumlah itu diperkirakan dua kali lipat pada 2029. Namun sempat terjadi keterlambatan akuisisi, sehingga jumlah kapal selam operasional di Angkatan Laut India turun dan tinggal segelintir, karena adanya kecelakaan yang merusak kemampuan operasional platform yang ada. Sementara, saat ini hanya ada satu kapal selam nuklir INS Chakra yang disewa dari Rusia. Kini dilakukan penyewaan kapal selam kedua dan membangun kapal selam sendiri yang kini mulai menjadi kenyataan.

Kalvari adalah Tiger Shark yang ditakuti, predator laut dalam yang mematikan. Seperti tradisi, kapal kapal selam Angkatan Laut India, namanya dihidupkan kembali setelah dekomisioning. Kalvari, yang juga kapal selam India pertama, ditugaskan ke Angkatan Laut India pada tanggal 8 Desember 1967. Dia telah dinonaktifkan pada tanggal 31 Mei 1996 setelah hampir 30 tahun melayani Angkatan Laut India. Dalam tradisi bahari dia sekarang akan kembali menjelma, yang dilakuka oleh Mazagon Dock, menjadi predator yang kuat dan mematikan, untuk menjaga kepentingan maritim yang luas dan wilayah bangsa India. [Indianexpress.com]

  ♚ JKGR  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...