Minggu, 17 Juli 2016

Atraksi Prosesi Pergantian Grup Penjaga Istana

Proses pergantian pasukan di Istana

Prosesi pergantian Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) yang berjaga di lingkungan Istana Kepresidenan, Jakarta, Minggu (16/7/2016) pagi, menarik perhatian warga.

Pergantian pasukan yang biasanya digelar di dalam lingkungan Istana, kali ini ditampilkan secara terbuka di halaman depan Istana Merdeka. Seremoni itu menjadi objek atraksi wisata baru bagi masyarakat.

Pantauan Kompas.com, seremoni tersebut dimulai pukul 08.01 WIB. Satu regu Paspampres yang akan bertugas keluar dari pintu sisi kanan Istana.

Kemudian disusul satu regu Paspampres yang telah rampung bertugas. Mereka lalu keluar dari pintu utama Istana.

Dalam prosesi tersebut, kedua regu sempat menampilkan sejumlah atraksi, seperti mengecek senjata, mengecek amunisi, kerapian seragam, hingga lempar senjata.

Rencananya, seremoni terbuka itu akan digelar rutin pada minggu kedua setiap bulan dimulai pukul 8.00 WIB.

"Ini jarang ya. Pemandangan yang jarang ada," ujar Iwan (47) warga asal Klender, Jakarta Timur, yang ikut menyaksikan seremoni tersebut.

Sejumlah warga berfoto selfie di depan Pasukan Pengaman Presiden di depan Istana Merdeka, Miggu (17/7/2016). Proses pergantian pasukan di lingkungan Istana Merdeka ini menarik minat warga untuk menyaksikannya.

Iwan saat itu sedang berolahraga bersama keluarganya di kawasan Monas pada Car Free Day.

Iwan dan warga lainnya mendengar pengumuman dari alat pengeras suara yang menyampaikan bahwa ada prosesi pergantian Paspampres.

Seremoni itu berlangsung sekitar 25 menit. Setelah rampung, warga berebut berfoto di depan Paspampres yang akan melanjutkan penjagaan.

  Kompas  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...