Rabu, 20 Juli 2016

[Dunia] 2 Pilot Turki yang Tembak Jet Sukhoi Rusia Ditangkap

♞ Terkait Percobaan KudetaPesawat Sukhoi Rusia ditembak jatuh Turki [dream]

2 pilot turki yang berperan dalam jatuhnya pesawat tempur milik Rusia pada bulan November lalu ditangkap terkait percobaan kudeta pada akhir pekan lalu. 2 pilot itu disebut terlibat dalam aksi percobaan kudeta.

"Dua pilot yang merupakan bagian dari operasi untuk menjatuhkan pesawat Rusia Su-24 di November 2015 berada di tahanan," kata seorang pejabat Turki kepada wartawan seperti dikutip AFP, Selasa (19/7/2016).

Pejabat itu menambahkan bahwa kedua pilot ditahan karena diduga ikut terlibat dalam aksi percobaan kudeta terhadap pemerintahan Presiden Erdogan.

Penembakan jatuh jet tempur Rusia di perbatasan Suriah memicu krisis diplomatik yang belum pernah terjadi sebelumnya antara Turki dan Rusia. Ketegangan baru saja berakhir bulan lalu ketika kedua negara sepakat untuk memulihkan hubungan.

Sebelumnya, Presiden Rusia Vladimir Putin menganggap bahwa percobaan kudeta terhadap rekannya, Recep Tayyip Erdogan adalah hal yang tidak dapat diterima. Putin berharap keadaan di Turki bisa kembali stabil sesegera mungkin.

Perdana Menteri Turki, Binali Yildirim mengatakan bahwa hingga Senin (18/7) sudah lebih dari 7.500 orang ditahan atas tuduhan percobaan kudeta. 103 jenderal dan laksamana juga telah ditangkap. (Hbb/Hbb)
 

  detik  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...