Minggu, 07 Agustus 2016

500 Prajurit TNI Tiba, Usai Latgabma Malindo Darsasa-9 AB/2016

http://poskotanews.com/cms/wp-content/uploads/2016/08/malindo.jpgKedatangan prajurit TNI di Dermaga Kolinlamil, Jakarta Utara. (puspen TNI)

Sebanyak 500 Prajurit TNI yang tergabung dalam Latgabma Malindo Darsasa-9 AB/2016 telah selesai melaksanakan Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) Malaysia-Indonesia (Malindo) Darsasa-9 AB/2016 di Malaysia, yang diterima langsung oleh Wakil Asisten Operasi (Waasops) Panglima TNI Laksma TNI Hardjo Susmoro mewakili Asops Panglima TNI Mayjen TNI Agung Risdhianto, M.B.A di Dermaga Jakarta International Container Terminal (JICT) Jakarta Utara.

Kegiatan latihan gabugan bersama tersebut melibatkan 3 (tiga) Angkatan terdiri dari 205 personel TNI AD : 103 Kostrad, 4 Ditkesad, 92 Ditziad, 2 Sopsad, 3 Pussimpur. 198 personel TNI AL : 130 Anak Buah Kapal (ABK) KRI Banda Aceh, 8 Crew Hely Bell, 30 Tim SAR Laut, 12 Tim Medis, 3 Medcap, 15 Kogla (TTX dan CPX). 52 personel TNI AU : 3 Kogla, 9 CPX, 40 FTX, 41 Mabes TNI, 2 Polri dan 2 BNPB.

Asops Panglima TNI Mayjen TNI Agung Risdhianto, M.B.A., dalam amanatnya tertulis yang dibacakan Laksma TNI Hardjo Susmoro mengatakan, selama lebih kurang dari 16 hari para prajurit TNI berikut personel pendukung dari Polri serta BNPB melaksanakan program Latihan Kerjasama Militer bersama negara tetangga Malaysia dengan Semangat, Dedikasi, Disiplin serta Loyallitas dan Profesionalisme para personel telah membawa keberhasilan latihan yang optimal.

Saya sampaikan terimakasih dan penghargaan kepada seluruh peserta Latgabma Malindo Darsasa-9 AB/2016 khususnya kepada Brigjen TNI Agus Suhardi yang telah berhasil memimpin Kontingen TNI dalam melaksanakan latihan ini dengan baik,” kata Mayjen TNI Agung Risdhianto. Lebih lanjut Mayjen TNI Agung Risdhianto menyampaikan bahwa latihan yang baru saja dilaksanakan merupakan wujud TNI dalam memelihara Capacity Building dan menciptakan Confidence Building Measures. “Kita harus senantiasa mampu menjawab segala bentuk tantangan yang datang di kawasan Regional maupun Global dalam berbagai hal termasuk Penanggulangan Bencana Alam dan Bantuan Kemanusiaan dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Diakhir amanatnya Asops Panglima TNI menjelaskan bahwa latihan dilaksanakan melalui beberapa metode dimulai dari Table Top Exercise, Command Post Exercise pada Strata Biltus dan Force Integration Training merupakan latihan penggabungan yang dilanjutkan pada latihan aplikasi di lapangan atau Field Training Exercise. “Saya berharap bahwa prajurit sekalian dapat mengambil hal-hal positif dari keseluruhan metode latihan tersebut, sebagai contoh Angkatan Bersenjata Malaysia telah mengembangkan sistem olah tempur berbasis Teknologi yang dapat diadopsikan pada Operasi Penanggulangan Bencana Alam,” pungkasnya.

Hasil yang dicapai secara umum latihan dapat diselenggarakan dan diikuti dengan baik oleh seluruh peserta latihan, mekanisme pada tingkat strategi sebagai antisipasi dan respon kepada SOP For Regional Standby Arrangement And Coorporation Of Joint Disaster Relief And Emergency response Operation dapat terlaksana dengan baik, peningkatan Confidence Building Measure di antara kedua negara seiring dengan Asean Regional Forum Asean Defence Ministers Meeting Defence Official Dialoge ARF International Support Group meeting In CB Mandpreventive Diplomacy dapat tercapai, Interoperabilitas kedua Angkatan Bersenjata dalam Operasi Penanggulangan Bencana Alam dan Bantuan Kemanusiaan tetap terwujud, komunikasi dan pemahaman tentang HADR Operations antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan Angkatan Tentera Malaysia (ATM) terjalin dengan baik dan hubungan kerjasama antara TNI dengan ATM serta instansi terkait pada operasi Penanggulangan Bencana Alam dan bantuan kemanusiaan meningkat secara signifikan.

Turut Hadir dalam acara penerimaan Peserta Latgabma Malindo Darsasa – 9 AB / 2016 diantaranya Kasdivif -1/Kostrad Brigjen TNI Agus Suhardi, Wakapuspen TNI Laksma TNI Abdul Rasyid K., S.E., M.M, Kasarmabar Laksma TNI Yudo Margono, Paban VII/Latma Sops TNI Kolonel Inf Edison Simanjuntak, S.I.P, dan Para Perwira masing-masing Angkatan.

Kabidpenum Puspen TNI
Kolonel Czi Berlin G. S.Sos., M.M.

  Poskota  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...