Sabtu, 13 Agustus 2016

[Dunia] Polisi Elit Olimpiade Rio Tewas Diserang Geng Narkoba

http://cdn.tmpo.co/data/2016/08/12/id_530233/530233_620.jpgSejumlah tentara Brasil melakukan patroli dalam operasi mencari pelaku penembakan di kawasan kumuh Vila do Joao, di Rio de Janeiro, Brasil, 11 Agustus 2016. Petugas kepolisian dan dua orang lainnya ditembak di setelah tersesat di sebuah perkampungan kumuh. AP/Felipe Dana

Seorang polisi anggota pengamanan elit Olimpiade Rio de Janeiro tewas saat pasukannya salah berbelok dan masuk ke kawasan kumuh yang dihuni geng narkoba, Rabu, 10 Agustus 2016.

"Mereka tiga polisi Pasukan Nasional yang tidak sengaja masuk ke komunitas Vila do Joao. Mobil mereka ditembaki penyelundup narkoba," kata polisi yang tidak disebut namanya. Ketiganya adalah anggota polisi elit yang bertugas mengontrol keamanan perhelatan Olimpiade 2016 yang berlangsung di kota Rio de Janeiro, Brasil.

Insiden terjadi di salah satu daerah kumuh dikenal sebagai favelas di Complexo da Mare, dekat bandara Rio. "Salah satu polisi tertembak di kepala dan harus dioperasi, sekarang sedang dalam perawatan. Satu lagi juga tertembak tapi tidak serius," kata Kementerian Kehakiman dalam pernyataannya.

"Serangan ini sangat disesalkan dan pengecut," kata Menteri Kehakiman Alexandre de Moraes di Rio. "Kami berusaha mengidentifikasi para tersangka. Dua telah diketahui." De Moraes juga mengumumkan kematian salah seorang polisi, Helio Vieira, pada halaman Facebook resminya.

"Saya ingin mengungkapkan simpati saya untuk keluarga Helio Viera, yang mengalami serangan oleh pengecut, dan sayangnya meninggal hari ini akibat cedera. Viera adalah pahlawan sejati dari negara kita," kata Moraes, seperti yang dilansir Evening Standard.

Viera, 37 tahun, bersama dua rekannya sedang berpatroli ketika mereka mengambil jalan yang salah dan berakhir dengan hantaman peluru yang menghancurkan kaca jendela mobil mereka.

Ketiganya mengikuti perangkat GPS menyusuri jalan-jalan yang asing dekat bandara internasional Rio pada Rabu sore. Sejumlah polisi lainnya hanya mengalami luka ringan.

Pasukan Polisi Nasional Brasil, dikabarkan membalas serangan tersebut ke tempat kejadian untuk menangkap pembunuhnya, namun malah menyebabkan kematian seorang warga Vila do Joao berusia 19 tahun yang tidak bersalah.

Tidak ada tersangka yang berhasil ditangkap dalam operasi tersebut dan pihak berwenang menawarkan hadiah bagi siapa saja yang berhasil menangkap penyerang Vieira.

Pasukan elit polisi itu adalah bagian dari 5.000 aparat yang diperbantukan untuk mengamankan Olimpiade pertama kali digelar di Amerika Selatan mulai Sabtu lalu itu.

Otoritas Brasil telah mengerahkan sebanyak 85.000 tentara dan polisi untuk menjaga keamanan perhelatan olahraga empat tahunan terbesar di dunia tersebut.
Tentara Brasil Lakukan Pencarian Pelaku Penembakan Polisi
Masuk Kawasan Geng Narkoba, Tentara Brasil Tewas Ditembak

Pasukan keamanan nasional Brasil, melakukan penjagaan saat mencari pelaku aksi penembakan kepada tebtara penjaga keamanan Olimpiade 2016 di komplek kumuh di Vila do Joao, Brasil, 11 Agustus 2016. [AP Photo]
Masuk Kawasan Geng Narkoba, Tentara Brasil Tewas Ditembak

Pasukan keamanan nasional Brasil berjaga di kawasan kumuh usai tewasnya tentara keamanan Olimpiade 2016 di Vila do Joao, Brasil, 11 Agustus 2016. Tentara elite Brasil, Helio Viera tewas usai tertembak di bagian kepala. [AP Photo]
Masuk Kawasan Geng Narkoba, Tentara Brasil Tewas Ditembak

Sebuah helikopter tentara nasional Brasil berkeliling di atas kawasan kumuh yang menjadi tempat dimana pasukan tentara elite brasil tewas tertambak oleh geng narkoba di Rio de Janeiro, Brasil, 11 Agustus 2016. [AP Photo]
  Tempo  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...