Selasa, 24 Oktober 2017

[RIP] 1 Anggota Brimob Tewas Ditembak Kelompok Bersenjata

Di TembagapuraIlustrasi

Anggota Brimob Detasemen B Timika, Briptu Berry Pramana Putra, tewas ditembak kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua. Pelaku penembakan merupakan KKB Pimpinan Sabinus Waker.

Kabid Humas Polda Papua Kombes AM Kamal mengatakan, anggota Brimob Den B Timika awalnya sedang mengejar kelompok pimpinan Sabinus Waker, Minggu (22/10/2017) sekitar pukul 16.00 WIB. Saat pengejaran itu, terjadi kontak tembak dengan kelompok Sabinus Waker di daerah Jembatan Utikini Tembagapura, Mimika.

Polda Papua-Polres Mimika, pada hari minggu tanggal 22 Oktober 2017 sekitar Pukul 16.00 WIT, telah terjadi penembakan dari kelompok kriminal bersenjata (KKB) Pimpinan Sabinus Waker di daerah Jembatan Utikini Tembagapura terhadap anggota Brimob Den B Timika.

"Dari Kontak senjata tersebut satu anggota Brimob Den B Timika atas nama Briptu Berry Pramana Putra mengalami luka tembak dan meninggal di TKP (tempat kejadian perkara)" kata Kamal dalam keterangannya.

Saat ini, lanjut Kamal, tim bantuan sedang mengevakuasi Briptu Berry dari TKP menuju Rumah Sakit PT Freeport Tembagapura. Sementara kelompok pelaku sedang dikejar. (idh/dnu)

 4 Anggota Brimob Ditembak saat Evakuasi Jenazah Briptu Berry 

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Kamal mengakui, empat anggota Brimob tertembak saat mengevakuasi jenazah Briptu Berry di kampung Banti 1, Tembagapura, Senin pagi sekitar pukul 06.00 WIT.

"Kelompok kriminal bersenjata (KKB) melakukan penembakan saat anggota Brimob sedang mengevakuasi jenazah Briptu Berry," kata Kombes Kamal, Senin (23/10/2017).

Ia mengatakan, keempat anggota Brimob dari Detasemen B Timika yang tertembak yaitu Ipda Giay terkena di tangan kiri, Bripda Hence di kaki kiri, Bripda Mario di telapak tangan kiri dan Aipda Mustari paha kiri.

Saat ini anggota sudah mendapat perawatan di RS Freeport di Tembagapura dan kondisinya stabil. Pelaku penembakan masih kelompok yang sama yakni KKB pimpinan Sabinus Waker.

Sebelumnya, Sabtu (21/10/2017) KKB menembak iring-iringan kendaraan PT Freeport, sekitar pukul 08.10 WIT di mile 67,5 Tembagapura.

Kendaraan yang diserang adalah kendaraan yang dikemudikan Muhamad Jamil dengan nomor lambung 01 4755 dan kendaraan dengan nomor lambung 01 5504 yang dikemudikan Joe Hacth berkebangsaan Amerika. Mobil tersebut terkena tembakan di bagian kiri.

Tembakan tersebut menyebabkan sopir kendaraan dengan nomor lambung 01 4755 mengalami luka akibat terkena serpihan.

Sabtu siang (21/10/2017), dua anggota brimob tertembak yakni Brigpol Mufadol dan Barada Alwin. Kemudian Minggu (22/10/2017) Brigpol Berry Pratama tewas tertembak.

Satu anggota Brimob yang tertembak di bagian perut dalam kontak senjata dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di area Tembagapura, Mimima, Papua, Sabtu (21/10/2017), akan dievakuasi ke Jakarta Senin siang untuk mendapat perawatan intensif di RS Polri Kramatjati.

"Anggota Brimob atas nama Bharada Alwin terkena tembakan di bagian perut serta serpihan peluru mengenai lambung dan kantung kemih baru akan diterbangkan ke Jakarta siang ini ke Jakarta," kata Kapolres Mimika AKBP Viktor Makbon di Timika, Senin (23/10/2017).

Viktor mengatakan, kedua anggota Brimob yang mengalami luka tembak yaitu Brigpol Mudafol yang terkena di bagian kaki dan Bharada Alwin terkena di bagian perut serta serpihan peluru mengenai lambung dan kandung kemih.

Sejak Sabtu (21/10), mereka dirawat di Rumah Sakit Tembagapura."Brigpol Mudafol yang terkena di bagian kaki sementara ini masih dirawat di RS Tembagapura," ujarnya.

Sedangkan jenazah Briptu Berry Pratama, anggota Brimob Polda Papua yang tewas dalam pengejaran kelompok bersenjata di Tembagapura, juga akan diterbangkan ke Bengkulu melalui Jakarta. Jenazah akan dimakamkan di kampung halamannya.

Sebelumnya, dua anggota Brimob dari Detasemen B Mimika mengalami luka tembak saat baku tembak dengan KKB di kawasan gunung Sangker, Utikini, Tembagapura, Sabtu (21/10/2017).

Mereka tertembak ketika melakukan pengejaran pascapenembakan kendaraan patroli keamanan internal PT Freeport Indonesia di area mile 67.

Aksi penembakan yang terjadi Sabtu (21/10) menyebabkan dua kendaraan PT Freeport yang dikemudikan Muhamad Jamil dan Joe Hacth berkebangsaan Amerika Serikat terkena tembakan di bagian sebelah kiri.

Tembakan tersebut mengakibatkan sopir kendaraan luka akibat terkena serpihan kaca. Kedua kendaraan tersebut ditembak KKB saat hendak menjemput anggota Brimob yang akan melakukan patroli.(*)

   detik | Tribunnews  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...