Minggu, 04 Oktober 2020

Kapal Perang TNI AL Latihan Manuver

Jelang Peringatan Hari TNI Awak kapal perang Republik Indonesia mengikuti latihan manuver di Perairan Teluk Jakarta, Kamis (1/10/2020). Latihan tersebut sekaligus inspeksi terhadap kesiapan operasional unsur-unsur TNI Angkatan Laut khususnya Koarmada I dalam meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman dari kapal musuh pada saat melakukan operasi di laut. (Dok Koarmada I) ⚓️

Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Tentara Nasional Indonesia pada 5 Oktober 2020 mendatang, unsur Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Koarmada I menggelar Latihan Manuver di Perairan Teluk Jakarta, Kamis (1/10/2020).

Kegiatan latihan ditinjau langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. yang didampingi Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid K, S.E., M.M.

Latihan tersebut sekaligus inspeksi terhadap kesiapan operasional unsur-unsur TNI Angkatan Laut khususnya Koarmada I dalam meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman dari kapal musuh pada saat melakukan operasi di laut.

Gelar latihan manuver melibatkan 7 Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) yakni KRI Bung Tomo-357, KRI Cut Nyak Dien-375, KRI Wiratno-379, KRI Halasan-630, KRI Kerambit-627, KRI Tenggiri-865 dan KRI Cucut-866.

Selain KRI yang merupakan tulang punggung TNI Angkatan Laut, latihan tersebut juga melibatkan 1 (satu) Helikopter Panther.

Dari atas KRI Bung Tomo-357 Kasal yang didampingi Pangkoarmada I berkesempatan menyaksikan kesiapsiagaan unsur-unsurnya yang sedang berlayar.

Latihan membentuk formasi maupun latihan berbagai peran dilaksanakan untuk mengukur kemampuan dari unsur unsur.

Selain itu, latihan tersebut juga dilakukan guna memelihara kemampuan dan profesionalisme prajurit dalam mendukung tugas yang diemban TNI AL.

Kasal Laksamana TNI Yudo Margono didampingi Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid K meninjau latihan manuver di Perairan Teluk Jakarta, Kamis (1/10/2020). (Dok Koarmada I) ⚓️

Pada inspeksi latihan tersebut, Kasal mengatakan agar setiap prajurit tetap memelihara semangat dalam melaksanakan latihan meskipun dalam situasi pandemi covid-19 seperti saat ini.

Latihan harus tetap dilaksanakan dengan penuh semangat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai himbauan dari pemerintah”, tegas Kasal.

Latihan ini juga merupakan salah satu upaya untuk mengetahui kesiapan operasional KRI dalam melaksanakan tugas yakni menjaga kedaulatan perairan Indonesia dari berbagai ancaman dan tindak ilegal yang membahayakan negara”.

Pangkoarmada I, Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid K, S.E., M.M., menambahkan “Inspeksi latihan ini merupakan perhatian pimpinan Angkatan Laut untuk melihat dari dekat kondisi teknis dan kesiapan operasional KRI di jajaran Koarmada I dalam menghadapi tugas-tugas yang akan diembannya.

Selain itu latihan dilakukan untuk meningkatkan semangat dan kedisiplinan para ABK KRI dalam melaksanakan tugasnya yakni menjaga dan memelihara Alutsista yang dipercayakan Negara” pungkas Pangkoarmada I.

  ⚓️ Tribunnews  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...