Jumat, 06 Januari 2023

[Global] Kronologi Baku Tembak di Bandara Meksiko

 Usai Anak El Chapo DitahanPasukan militer menangkap putra gembong narkoba El Chapo, Ovidio Guzman, ditangkap pekan ini (ABC)

Baku tembak pecah di bandara Kota Culiacan, Meksiko, Kamis (5/1).

Pasukan militer dan gangster pengedar narkoba saling tembak setelah putra gembong narkoba El Chapo, Ovidio Guzman, ditangkap pekan ini.

David Tellez, seorang saksi mata, mengungkapkan insiden itu terjadi beberapa saat setelah pesawat militer Meksiko mendarat di bandar udara tak jauh dari pesawat penumpang Aeromexico yang ia tumpangi bersama anak dan istri.

Tellez mengatakan ia mulanya diberitahu anaknya bahwa ada pesawat militer yang baru saja mendarat di samping pesawat mereka. Saat itu, pesawat Tellez hendak lepas landas.

Namun tiba-tiba, suara letusan tembakan terdengar keras di bandar udara tersebut.

"Saat akan lepas landas, kami mendengar letusan senjata api beberapa kali dan amat dekat dengan pesawat. Kami pun langsung tiarap," kata Tellez seperti dikutip Reuters.

Aksi tembak-menembak itu diduga kuat buntut penangkapan Guzman. Dia merupakan anak gembong narkoba ternama, El Chapo.

Tellez berujar dirinya sudah sempat curiga ketika petugas keamanan bandara meminta para penumpang cepat-cepat masuk ke dalam pesawat. Dia sempat melihat sejumlah blokade ketika sampai di bandara pada pukul 08.24 waktu setempat.

Kerusuhan melanda di kota Mexico (Getty Images)

Saat itu, penangkapan Guzman belum dikonfirmasi dan otoritas setempat tak memberikan keterangan apa pun.

"Pihak otoritas tak mengatakan apa pun saat itu," ucapnya.

Dalam situasi tegang itu, Tellez mengaku bersembunyi di dalam toilet pesawat bersama keluarganya.

Sebab saat itu ada kabar bahwa salah satu anggota gangster Sinaloa berada di dalam kabin pesawat yang mereka tumpangi. Belakangan ia mengetahui bahwa kabar itu tidak benar.

Tellez juga sempat mengambil video kala pesawatnya akan lepas landas. Video itu menampilkan dua pesawat militer mirip pesawat tempur dan truk militer di landasan pacu. Tak lama, suara tembakan pun bergema di kejauhan.

Video itu lantas beredar di media sosial. Namun tak diketahui siapa menembak siapa dalam insiden tersebut.

Meski terjadi baku tembak tersebut, pihak Aeromexico melaporkan tak ada seorangpun dalam penerbangan mereka yang terluka.

Bandara Culiacan juga ditutup tak lama usai insiden meletus.

Pada Kamis (5/1), pihak militer Meksiko menangkap Guzman. Penangkapan itu dilakukan menjelang kunjungan Presiden AS Joe Biden ke negara tersebut.

Penangkapan Guzman pun menyulut kerusuhan di sejumlah kota terutama di basis-basis Sinaloa. Para anggota kartel itu marah atas penangkapan anak bos mereka. (blq/bac)

  💂 CNN  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...