Kamis, 05 Januari 2023

KSAU Serahkan Pesawat Jet Falcon 7X dan 8X ke Skadron Udara 17 Halim

✈ Perkuat TNI AU ✈ KSAU lakukan tradisi siraman jet Falcon 7X dan 8X [dispenau]

Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo didampingi Ketum PIA Ardhya Garini, Nyonya Inong Fadjar Prasetyo hari ini secara resmi menyerahkan 2 pesawat jet VVIP jenis Falcon 7X dan Falcon 8X buatan Dassault Aviation Perancis kepada satuan Skadron Udara (Skadud) 17 TNI Angkatan Udara.

Penyerahan pesawat bisnis jet TNI Angkatan Udara itu diawali dengan doa bersama, yang dilanjutkan dengan penyematan logo Skadron Udara 17, serta pemecahan kendi dan penyiraman air bunga di hidung pesawat yang merupakan tradisi penerimaan pesawat di lingkungan matra udara.

KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dalam amanatnya mengatakan, tradisi penyambutan pesawat baru merupakan doa untuk para pilot dan kru pesawat Falcon 7X dan 8X Skadron Udara 17, agar diberikan keselamatan dalam mengoperasikan pesawat Falcon 7X dan 8X.

"Kepada seluruh kru, segera menyesuaikan dalam mengoperasikan pesawat Falcon 7X dan Falcon 8X. Teruslah belajar dan tingkatkan penguasaan pesawat Falcon 7X dan Falcon 8X," kata KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dalam keterangan resmi yang diterima VIVA Militer, Rabu, 4 Januari 2023.

Lebih jauh Fadjar menambahkan, Pesawat Falcon 7X dan 8X akan dioperasionalkan untuk mendukung komando dan pengendalian pimpinan TNI, TNI AU, maupun lembaga negara lainnya dalam menjalankan tugas kenegaraan.

Dalam kesempatan itu, Kasau juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Presiden RI Joko Widodo yang telah menyetujui penambahan alutsista modern bagi TNI AU.

Menurut Fadjar, kehadiran kedua pesawat merupakan salah satu upaya mewujudkan TNI AU menjadi Angkatan Udara yang disegani di kawasan.

Sebagaimana diketahui, kedua pesawat buatan Perancis itu telah datang ke Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta pada hari Selasa, 27 Desember 2022 lalu. Sebelumnya, pesawat angkut VVIP/VIP TNI AU bermesin jet ini, diterbangkan dari Perancis menuju Dubai UEA pada tanggal 26 Desember 2022.

Kemudian melanjutkan penerbangan ke Indonesia dan tiba di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta pada 27 Desember 2022. Kedatangan pesawat jet VVIP TNI Angkatan Udara itu juga sempat ditinjau secara langsung Menteri Pertahanan RI Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto pada tanggal 28 Desember 2022 lalu.

Sejumlah pejabat utama TNI Angkatan Udara turut hadir dalam penerimaan Falcon 7X dan Falcon 8X tersebut, diantaranya Wakasau Marsdya TNI A. Gustaf Brugman dan Pangkoopsudnas Marsdya TNI M. Tony Hardjono.

  Viva.co.id  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...