Jumat, 26 Mei 2023

[Global] Iran Luncurkan Rudal Balistik Khaibar

 Jangkau Target 2.000 Km 
https://img.inews.co.id/media/822/files/inews_new/2023/05/25/rudal_khaibar_kemhan_iran.jpgIran berhasil meluncurkan rudal generasi empat terbaru Khaibar pada Kamis 25 Mei. (Dok. Irna.ir)

I
ran mengungkap rudal balistik terbarunya, Kamis (25/5/2023). Rudal balistik generasi keempat dari Khorramshahr yang diberi nama Khaibar itu mampu menjangkau target sejauh 2.000 km.

Kantor berita IRNA melaporkan, rudal darat ke darat itu diperkenalkan dalam upacara resmi yang dihadiri menteri pertahanan. Meski demikian belum ada laporan detail tentang kemampuan rudal tersebut.

Rudal balistik terbaru Iran dan produk terbaru dari Organisasi Industri Dirgantara (AIO) Kementerian Pertahanan diresmikan hari ini dalam upacara yang dihadiri menteri pertahanan,” demikian laporan IRNA.

Iran memperluas program rudalnya, terutama jenis balistik, meskipun ditentang Amerika Serikat (AS). Iran menegaskan program rudalnya hanya sebatas untuk pertahanan dan pencegahan, bukan menyerang.

Kemunculan rudal balistik Khaibar berlangsung saat Iran sedang menjadi sorotan terkait program nuklirnya. AS dan Israel menuduh program nuklir yang sedang dijalakan Iran bertujuan membuat senjata, bukan sekadar untuk kepentingan energi.

Israel dan AS bahkan menegaskan kesiapannya untuk menyerang fasilitas nuklir Iran terkait kecurigaan itu. Kemajuan Iran dalam program rudalnya semakin meningkatkan kekhawatiran Barat bahwa senjata itu bisa membawa hulu ledak nuklir.

Bukan hanya rudal, negara Barat juga curiga peluncuran pesawat luar angkasa Iran juga sebagai dalih untuk menguji roket-roket jarak jauhnya.

  🚀 INews  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...