Jumat, 26 Mei 2023

TNI Perkuat Kerja Sama Militer dengan Angkatan Bersenjata UEA

 Di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab 
https://cdn0-production-images-kly.akamaized.net/yMXtgzagtKRso4ZdY_vla6aexcU=/640x360/smart/filters:quality(75):strip_icc():format(jpeg)/kly-media-production/medias/4441674/original/088143800_1685062108-IMG-20230526-WA0002.jpgPanglima TNI Tandatangani Kerjasama Militer dengan Angkatan Bersenjata UEA

P
anglima TNI Laksamana Yudo Margono menyambangi Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA). Panglima datang untuk memperkuat kerja sama militer antara TNI dengan Angkatan Bersenjata UEA.

Dalam momen ini, kedua pimpinan angkatan bersenjata meneken perjanjian kerja sama atau Memorandum of Understanding (MoU) di bidang militer. Penandatanganan digelar di Markas Besar Angkatan Bersenjata Uni Emirat Arab pada Rabu (24/5/2023).

Dalam kunjungan tersebut, Panglima TNI diterima dengan upacara jajar kehormatan dan dilanjutkan pertemuan bilateral dengan The Chief of Staff of The UAE Armed Forces, Lieutenant General Engineer H.E. Issa Al Mazrouei.

Setelah melaksanakan pertemuan bilateral, kedua Panglima melaksanakan penandatanganan pengaturan kerja sama di bidang militer sebagai payung hukum pelaksanaan kegiatan kerja sama militer kedua negara.

Kunjungan Laksamana Yudo ini bagian dari diplomasi militer yang dilakukan TNI kepada negara-negara sahabat dalam rangka meningkatkan kerja sama militer di antara kedua belah pihak. Kerja sama militer adalah output dari diplomasi militer yang tujuan utamanya membangun kepercayaan dan kesamaan pandangan.

Kerja sama yang terjalin antara TNI dan Angkatan Bersenjata UEA sesungguhnya telah dimulai sejak hubungan diplomatik kedua negara terjalin pada tahun 1976 silam.

Kedua negara juga secara aktif ikut serta dalam keanggotaan di beberapa organisasi internasional seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) atau United Nations, Gerakan Non-Blok (GNB), Indian Ocean Rim Association (IORA), Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) dan The Indian Ocean Naval Symposium (IONS).

Hal ini menunjukkan adanya komitmen yang sama dalam mewujudkan perdamaian dunia dan stabilitas keamanan kawasan khususnya kawasan Samudera Hindia, sehingga perlunya dibuat turunan MoU berupa pengaturan pelaksanaan kerja sama militer supaya lebih terencana dan terprogram.

  ★ INews  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...