Selasa, 20 Juni 2023

Tiga F-16 TNI AU Kawal Pembom Strategis B-52H USAF

✈️ Latma Bomber LandingDua pesawat pembom B-52 Stratofortress mendarat di bandara Kualanamu, Mrdan (TNI AU)

Tiga pesawat tempur F-16 dari Skadron Udara 16 "Rydder" TNI Angkatan Udara, mengawal kedatangan dua pesawat bomber milik Angkatan Udara Amerika Serikat (United State Air Force USAF) jenis B-52 Stratofortress yang terbang dari Pangkalan Udara AS di Guam, menuju Bandara Internasional Kualanamu di Medan, Sumatera Utara, Senin (19/6/2023).

Pesawat pembom strategis tersebut akan berpartisipasi dalam latihan bersama TNI AU dan US PACAF, bertajuk Interoperability Bomber Landing 2023 yang mulai dilaksanakan hari ini, Senin (19/6) hingga 23 Juni 2023 mendatang.

Dua pesawat B-52 Stratofortress yang berasal dari Skadron pembom ke-23 USAF, menempuh penerbangan selama 7 jam sebelum akhirnya memasuki wilayah udara Indonesia.

Flight F-16 dengan call sign Rydder-11 Flight terbang dari Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru "menyambut" kedatangan dua Bomber B-52 Stratofortress pada ketinggian 20.000 kaki, di wilayah udara Indonesia, hingga mendarat di Bandara Kualanamu, Medan.

Ketiga pesawat F-16 tersebut diawaki oleh Mayor Pnb Bambang Aulia Yudhistira, Mayor Pnb Yusuf Atmaraga, Kapten Pnb Hendra Zaimuddin dan Lettu Pnb Defry Utama.

Latihan bersama Interoperability Bomber Landing 2023 merupakan momentum yang bersejarah, karena untuk pertama kalinya pesawat B-52 Stratofortress USAF dapat mendarat dan beroperasi di Indonesia. Latihan ini juga meningkatkan kemampuan dan kerjasama taktis antar kedua angkatan udara, sekaligus meningkatkan hubungan bilateral antar negara yang sudah terjalin baik selama ini dalam menjaga stabilitas di kawasan Asia Pasifik.

  ✈️
TNI AU  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...