Selasa, 28 Agustus 2012

KRI Banda Aceh Dukung Operasi Militer Selain Perang

(Foto Lingospot)
Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Banda Aceh-593 dari jajaran Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) mendukung pelaksanaan Operasi Lintas Nusantara Remaja dan Pemuda Bahari (LNRPB) III Sail Morotai tahun 2012.
 
KRI Banda Aceh yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Suratun, siap melaksanakan tugas-tugas operasi baik dalam mendukung Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Kepala Dinas Penerangan Kolinlamil, Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman mengatakan KRI Banda Aceh melaksanakan embarkasi muatan di dermaga Markas Komando Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (25/8) lalu.

Dalam embarkasi tersebut, KRI Banda Aceh-593 ini memuat bahan-bahan dan perlengkapan yang akan dipergunakan dalam Operasi Lintas Nusantara Remaja dan Pemuda Bahari (LNRPB) III Sail Morotai 2012 dari beberapa kementerian dan beberapa instansi pemerintah.

Kementerian Kesehatan mengirimkan 297 paket sembako dan 2 dus obat-obatan. Demikian juga Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) mengirim 2.000 paket sembako, Kementerian Kelautan dan Perikanan sebanyak 30 karton ikan kaleng, 18 koli ikan kering, 2 dus poster gemar makan ikan. Sedangkan Kementerian Sosial mengirim satu unit kendaraan Panther, 1 unit Ford Ranger serta Kementerian Agama mengirim 4 dus buku-buku Katolik.

Sementara itu, BKKBN mengirim 49 dus buku-buku Keluarga Berencana (KB), Perpustakaan Nasional 8 dus buku-buku, Pertamina 76 koli alat-alat sekolah dan olahraga, Dinas Pekerjaan Umum kendaraan Dum Truck 2 unit, kendaraan tangki air 3 unit, truck sampah 3 unit, kendaran beko (looder) 2 unit, truck PS 1 unit. Juga Bakor Sutanal mengirim 104 lembar peta, Bank Indonesia 7 unit genset, Perum Bulog 1.056 karung sembako, dan rumah zakat 581 karung paket sembako.

“Kegiatan Operasi Lintas Nusantara Remaja dan Pemuda Bahari (LNRPB) III Sail Morotai 2012 yang menggunakan kapal perang adalah sebagai wujud dalam membantu menyukseskan program-prorgam pemerintah dalam membina, membentuk karakter pemuda Indonesia yang mempunyai wawasan kebaharian, kepemimpinan dan nasionalis,” kata Kadispen Kolinlamil.
(Jurnas)
 Tiga KRI Ikut Sail Morotai

JAKARTA, - Sebanyak tiga unit Kapal Republik Indonesia (KRI) ikut Sail Morotai 2012. Ketiga kapal angkut personel itu, KRI Surabaya-591, KRI Dr Suharso-990, dan KRI Banda Aceh-593, dilepas Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono, Selasa (28/8/2012) di Jakarta Internasional Container Terminal II.

Sejumlah kegiatan yang dilakukan adalah Operasi Surya Bhaskara Jaya ke-61, Lintas Nusantara Remaja Pemuda Bahari ke-3, Ekspedisi Bhakti Kesra Nusantara ke-3 dan Ekspedisi Riset Kelautan 2012.

"Kegiatannya diharapkan tidak hanya sebatas seperti memberikan 'ikan' yang akan habis setelah kegiatan ini selesai, tetapi dapat memberi 'kail' atau 'perahu' yang dapat berkelanjutan untuk memberdayakan masyarakat," kata Agung.

Selain itu, Agung menekankan pentingnya tindakan nyata dalam membangun daerah perbatasan, yang manfaatnya dapat dirasakan secara nyata dan berkesinambungan.(Kompas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...