Kamis, 22 November 2012

Indonesia & Pakistan perkuat kerja sama militer & ekonomi

Compact_indonesia_pakistanJakarta - Pemerintah Indonesia dan Pakistan meningkatkan kerjasama di bidang militer, pendidikan, dan ekonomi untuk memperkuat hubungan bilateral kedua negara.

Peningkatan kerja sama itu dibahas dalam pertemuan antara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono Presiden Pakistan Asif Ali Zardari pada Rabu (21/11) malam di Pakistan. 

Yudhoyono melakukan kunjungan kerja ke Pakistan, setelah mengikuti KTT Asean di Kamboja. Presiden berkunjung ke Pakistan untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi ke-8 dari Kelompok Negara D-8. 

"Pertemuan Rabu malam  membahas tentang peningkatan kerjasama antara Indonesia dan Pakistan di bidang pendidikan, bidang ekonomi, di bidang persenjataan dan militer, karena Pakistan membeli sejumlah pesawat untuk memperkuat militer mereka yaitu pesawat dari PT Dirgantara Indonesia," kata Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi, Firmansyah di Media Center KTT D8 di  Islamabad, Kamis (22/11) seperti dikutip laman Sekretariat Kabinet.

Presiden RI menghadiri KTT D-8 sepanjang Kamis ini yang berlangsung di Istana Kepresidenan Aiwan-e-Sadr. Pada akhir konferensi,  ditandatangani Deklarasi Islamabad.

Negara D-8 merupakan kelompok negara berkembang dengan mayoritas penduduk beragama muslim, yang bertujuan untuk meningkatkan kerjasama pembangunan. Delapan negara tersebut yaitu Indonesia, Pakistan, Mesir, Nigeria, Bangladesh, Iran, Malaysia, dan Turki. Kelompok D-8 ini terbentuk melalui Deklarasi Istanbul tahun 1997. Gabungan populasi ke delapan negara meliputi 60 persen jumlah warga muslim dunia, atau sekitar 13% dari populasi dunia.

Adapun pemimpin negara dan pemimpin pemerintahan yang hadir dalam KTT ke-8 dari D-8 yaitu Yudhoyono, tuan rumah Presiden Pakistan Asif Ali Zardari, Presiden Mesir Muhammad Morsi, Presiden Nigeria Goodluck Jonathan, Menlu Bangladesh Dipo Moni, Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad, PM Turki Recep Tayyip Erdogan, dan Wakil PM Malaysia Tan Sri Muhyiddin Yassin. (faa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...