Senin, 15 Desember 2014

[World] Norwegia Stop Kerja Sama Militer dengan Rusia

imageF-16 Angkatan Udara Norwegia

Norwegia menangguhkan kerja sama militer dengan Rusia sampai akhir tahun depan. “Pemerintah telah mempertimbangkan masalah ini lagi dan memutuskan untuk melanjutkan penghentian semua kegiatan militer bilateral sampai akhir 2015,” kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan di situs resminya Jumat (12/12/2014).

Menurut Menteri Pertahanan Norwegia Ine Eriksen Soreide, Rusia terus memainkan “peran mendestabilisasi” dalam krisis Ukraina.

“Tak satu pun dari sekutu dekat Norwegia telah kembali kerja sama militer dengan Rusia,” kementerian itu mencatat. Negara Skandinavia masih akan berkolaborasi dengan Rusia di sejumlah daerah, seperti pencarian dan penyelamatan dan kegiatan penjaga pantai-dan perbatasan.

Norwegia, bersama NATO, menghentikan semua kerja sama militer dengan Moskow menyusul reunifikasi Krimea dengan Rusia pada bulan Maret. Aliansi sejak itu menyalahkan Rusia campur tangan dalam konflik di tenggara Ukraina dengan mengirimkan pasukan dan peralatan militer.

Moskow telah berulang kali membantah terlibat dalam urusan internal Ukraina dan mendesak pihak yang bertentangan untuk terlibat dalam dialog untuk menemukan resolusi damai atas konflik.(VIT/jejaktapak)

  Sputnik  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...