Sabtu, 20 Desember 2014

[World] S-400 China Akan Jadi Teror untuk F-16 Taiwan

imageS400 (KIRILL KUDRYAVTSEV/ / AFP/Getty Images)

F-16 Taiwan menghadapi ancaman serius setelah China akhirnya bisa membeli S-400 Triumf, rudal permukaan ke udara yang mampu menghantam target dari jarak 400 km.

Layanan Federal untuk Kerjasama Teknik Militer telah meremehkan laporan media berbahasa Rusia baru-baru ini tentang perjanjian dan kontrak, “Tetapi yang saya mengerti, itu pada dasarnya benar,” kata Vasiliy Kashin, spesialis militer China di Pusat Moskow untuk Analisis Strategi dan Teknologi.

Laporan media Rusia menunjukkan China dan Rusia telah menandatangani kontrak senilai 3 miliar Dollar Anmerika ntuk mendapatkan enam S-400 batalyon. Rudal ini merupakan varian upgrade dari S-300 yang kini oleh China ditempatkan di dekat kota-kota besar dan tersebar di sepanjang pantai menghadap Taiwan dan Jepang.

Kashin, yang hadir baru-baru ini Airshow China di Zhuhai, mengatakan bahwa dengan kemampuan yang mencapai 400 kilometer dan ditempatkan di Provinsi Fujian, sistem SAM akan mampu menutupi seluruh wilayah udara Taiwan, sehingga akhirnya memecahkan “masalah superioritas udara untuk Cina.”

Jika China memilih untuk menyebarkan S-400 di Provinsi Shandong, itu akan menyediakan cakupan wilayah udara atas Kepulauan Senkaku. “Itu akan menjadi kemampuan asimetris yang lain, bersama dengan rudal balistik anti-kapal, yang akan meningkatkan potensi China dalam menangani konflik lokal di Asia Timur,” kata Kashin.

Cina telah mengklaim atas Kepulauan Senkaku yang dikontrol Jepang, yang disebut sebagai Kepulauan Diaoyu. Faktor-faktor lain menunjukkan China akan menyebarkan S-400 di Timur Laut Cina termasuk fakta bahwa China mengumumkan zona identifikasi pertahanan udara di atas Laut China Timur, termasuk Senkakus, di November 2013.

“Mengingat rentang yang sangat panjang dan kemampuan perang elektronik yang efektif, S-400 adalah sistem yang menantang kemampuan militer saat ini di tingkat operasional perang,” kata Paul Giarra, Presiden, Strategi global dan Transformasi. S-400 akan memiliki efek mengubah sistem pertahanan ofensif, dan memperpanjang A2 / AD (anti-access/area-denial) China atas wilayah sekutu Amerika dan laut lepas.”

S-400 akan memberikan China lebih percaya diri dalam mengendalikan wilayah udara di Taiwan, dan akan berfungsi sebagai faktor penting dalam mengalahkan kemampuan pertahanan udara Taiwan jika perang pecah, kata Chen York, mantan penasihat senior Dewan Keamanan Nasional Taiwan.

Setelah rudal permukaan-ke-permukaan China menghancurkan pangkalan udara Taiwan dan landasan pacu pada awal konflik, S-400 bisa menargetkan sisa pesawat tempur yang berhasil mencapai udara terlebih dahulu, serta jet AS atau Jepang yang datang untuk membantu.

Chen mendukung pengadaan pesawat tempur F-35B dan V-22 Osprey mengingat China memiliki 1.300 rudal jarak pendek yang ditujukan untuk Taiwan. Pangkalan udara akan dihapus tak lama setelah perang dimulai dengan China. Dengan kemampuan F-35B lepas landas di pangkalan pendek, maka akan menjadi penting ketika pangkalan rusak.

Departemen Pertahanan Taiwan dalam pernyataan resmi mengatakan bahwa S-400 China kemungkinan akan ditempatkan di lokasi yang saat ini digunakan sistem S-300PMU SAM. “Kebiasaan ini akan membuat mereka rentan terhadap serangan dan tidak ada sistem SAM sempurna, terutama Rusia,” katanya.

Taiwan memiliki sistem rudal sendiri untuk melawan China, seperti Tien Kung 2 dan 3 sistem SAM dan serangan rudal jelajah Hsiung Feng 2E. Taiwan juga bekerja pada program extended-range Hsiung Feng sistem rudal anti-kapal dengan kisaran 250-kilometer, yang dalam tahap pengujian peluncuran, katanya.(VIT/Jejaktapak)

  defensenews  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...