Minggu, 14 Juni 2015

Presiden Tidak Hadir, Latihan Tempur TNI AD Diundur

Presiden RI Joko Widodo yang semula dijadwalkan hadir, Senin (15/6/2015), pada latihan tempur TNI AD di Puslatpur Martapura, Kabupaten OKU Timur, dipastikan batal. Karena pada saat yang bersamaan, presiden akan meresmikan jalan tol Lampung serta ada agenda penting lainnya.

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Gatot Numantyo saat meninjau gladi resik latihan tempur TNI AD mengatakan, presiden tidak hadir untuk menyaksikan latihan tempur. Karena presiden akan meresmikan jalan tol di Lampung.

Namun latihan ini tetap berlanjut. Tapi untuk puncak latihan akan dilakukan menunggu presiden bisa hadir. Serta tidak membuat prajurit kecewa dengan tidak hadirnya presiden. Nanti kalau memang presiden masih tidak hadir, maka latihan akan diundur hingga batas waktu yang tidak ditentukan,” ungkapnya.

Menurut Gatot, latihan ini merupakan kebijakan TNI AD, dengan tujuan untuk melakukan peningkatan beladiri dan peralatan demi pembelaan dan menjaga keutuhan NKRI. Demontrasi ini tanpa scenario, hanya melakukan bagaimana cara menembak dengan tepat.

Sebagian besar personil yang diterjunkan dari Kostrad dan kesatuan TNI AD lainnya,” ujarnya.

Jumlah prajurit yang dilibatkan pada latihan tempur ini, lanjut Gatot menerangkan, sebanyak 4422 prajurit TNI AD. Sedangkan peralatan yang dikerahkan Ranpur Anoa 15 unit, Scorpion 9 unit, Leopard 13 unit, Tank AMX-13 9 unit, Stormer 4 unit, Transporter 37 unit, M113 lima unit, Marder 10 unit, Panser Tarantula dua unit. Lalu Jatrat Meriam 76/GN enam pucuk, Meriam 105/TRK enam pucuk, Meriam KH 178 enam pucuk, Meriam KH 179 tiga pucuk, Giantbow sembilan pucuk, RBS sembilan pucuk, M0 81 12 pucuk, M0 60 delapan pucuk. Penerbad MI 17 dua unit, MI 35 empat unit, Bell 412 ada 15 unit, Bell 205 dua unit, Fennex satu unit, Cassa satu unit, Bolco dua unit dan Hercules.

Kadispenad Brigjen TNI Wuryanto membenarkan jika presiden tidak hadir menyaksikan latihan tempur darat, sehingga hanya Kasad yang hadir. Karena Senin (15/6/2015) ada kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan. (Yanto)

   Beritanda  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...