Kamis, 18 Juni 2015

[World] China Kembali Serang Kapal Nelayan Vietnam

http://www.jejaktapak.com/wp-content/uploads/2015/06/china-vietnam.jpgChina Coast Guard telah kembali bentrok dengan kapal nelayan Vietnam di dekat Kepulauan Paracel yang disengketakan di Laut China Selatan, dengan nelayan Vietnam mengklaim bahwa mereka dihancurkan oleh meriam air dan merebut peralatan mereka.

Dilaporkan Guancha Syndicate berbasis di Shanghai insiden antara kapal dari kedua negara dikatakan telah menjadi umum terjadi setelah China menerapkan moratorium penangkapan ikan di wilayah itu. Media Vietnam telah melaporkan beberapa kapal nelayan Vietnam diusir oleh penjaga pantai China, dengan setidaknya satu kapal mengklaim bahwa hasil tangkapan yang disita.

Pada tanggal 7 Juni, sebuah kapal nelayan Vietnam dengan 13 orang di dalamnya diserang oleh kapal penjaga pantai China dengan meriam air selama dua jam. Seorang nelayan 23 tahun mengatakan kepada wartawan bahwa China mengabaikan permintaan mereka untuk menghentikan peledakan mereka, bahkan ketika mereka mulai keluar dari perahu untuk mencegah dari tenggelam.

Kapten kapal Vietnam lain mengklaim bahwa kapal mereka “diserang dan dirampok” oleh empat kapal penjaga pantai China pada sore hari 10 Juni 2015. Kapal dikelilingi kapal China yang kemudian menabrak. Kapten, menambahkan bahwa enam petugas penjaga pantai kemudian melompat di papan perahu dan mengambil peralatan dan tangkapan berharga mereka untuk hari itu, yang mengakibatkan kerugian hingga US$ 25.000.

Bloomberg juga melaporkan beberapa insiden meriam air yang melibatkan penjaga pantai China dan kapal-kapal nelayan Vietnam pada akhir Mei.

Juru bicara kementerian luar negeri China Hong Lei mengatakan pada konferensi pers pada 18 Mei bahwa moratorium penangkapan ikan dikenakan di bawah yurisdiksi China di Laut China Selatan setiap musim panas.

“Itu adalah ukuran administrasi biasa diambil oleh China untuk melindungi sumber daya hayati laut di perairan yang relevan dan tindakan yang tepat untuk memenuhi kewajiban internasional China dan tanggung jawab,” katanya.

  jejaktapak  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...