Senin, 16 Mei 2016

TNI Berencana Beli Pesawat Airbus A400M

1 Unit Dibandrol Rp 2,3 T Airbus A400M [wikipedia]

Militer Indonesia berencana membeli pesawat angkut militer varian baru keluaran Airbus Group, Airbus Defence and Space jenis A400M. Seperti dikutip dari Reuters, Minggu (15/5/2016), pernyataan disampaikan oleh Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu.

Namun, Ryamizard belum memastikan berapa unit pesawat yang dibeli. Dari beberapa sumber, 1 unit pesawat yang bisa membawa helikopter hingga panser di dalamnya itu dibandrol sekitar 152,4 juta euro atau setara dengan Rp 2,3 triliun (1 euro = Rp 15.140).

"Indonesia berencana membeli pesawat jenis A400 dari Eropa namun jumlahnya tidak banyak. Saat ini kita belum butuh beli dalam jumlah banyak," jelas Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu kepada Reuters seperti dikutip detikFinance.

Pesawat A400M dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan Spanyol dan enam negara NATO lainnya di Eropa, seperti Belgia, Inggris, Perancis, Jerman, Luksemburg dan Turki.

Pembelian armada A400M bertujuan untuk mengisi kebutuhan pesawat angkut TNI AU yang saat ini banyak diisi armada tua keluaran Lockheed Martin C-130 Hercules yang beberapa di antaranya sedang diperbaiki di Indonesia, dan juga pesawat Boeing C-17 Cargo Jet.

Ryamizard juga mengungkapkan bahwa Pemerintah Indonesia menyetujui pembelian 8 unit jet tempur Sukhoi asal Rusia jenis Su-35, namun masih dalam negosiasi harga.

  ★ detik  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...