Jumat, 29 Juli 2016

Arhanud Rudal 002 Bontang Butuh Modernisasi

Seluruh alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI Den Arhanud Rudal 002 Bontang, diperiksa tim Markas Besar (Mabes) TNI Angkatan Darat (AD), Kamis (28/7).

Sejak pukul 07.00 Wita, seluruh alustista yang dimiliki Rudal 002 diletakkan di lapangan, agar memudahkan tim Mabes TNI memeriksa seluruh persenjataan tersebut. Hadir selaku ketua tim Kolenel Inf Toto Jumariono, yang juga menjabat sebagai Paban IV/Sopsad Mabes TNI AD yang didampingi Danden Rudal 002 Mayor Arh Rendra Febrandari Suparman.

Dijelaskan Jumariono, pemeriksaan alutsista tersebut rutin dilakukan tiap tahun dari Mabes TNI AD. Hal itu dimaksud untuk mengevaluasi layak tidaknya alat yang dimiliki setiap wilayah. Selain itu, juga untuk memetakan hal-hal yang diperlukan dan dipersiapkan kedepannya. “Kan zaman terus berkembang, begitu juga teknologi. Jangan sampai kita ketinggalan,” terangnya.

Dari hasil pemeriksaan di lapangan, Jumariono menilai seluruh alustista di Rudal 002 Bontang masih sangat layak. “Masih cukup bagus, namun namanya setiap benda tetap ada sisi kelebihan dan kekuarangannya. Jadi karena itulah kita lihat. Antara alat dan manusianya menjadi satu sistem, jadi kita melihat tidak hanya fokus pada alutsistanya saja,” ujarnya.

Mengenai SDM yang ada, Jumariono pun menyatakan SDM Rudal Bontang cukup bagus. “SDM cukup bagus, pada satuan itu tergantung pada pemimpinnya. Jika pemimpinnya seperti macan tegas maka anak buahnya pun akan sama seperti pemimpinnya. Begitu juga sebaliknya, kalaupun ada keterbatasan masih dalam hal yang wajar dan bisa ditoleransi,” jelasnya.

Meski seluruh alutsista masih bagus, Jumariono berharap tetap ada modernisasi. Sebab zaman terus berputar dan berkembang. Tetapi tetap tergantung pada kemampuan anggaran. “Kalau dibilang apakah perlu dimodernisasi, jelas maunya terus dimodernisasi. Sekarang tinggal anggarannya saja. Dan Modernisasi harus itu, kalau tidak kita ketinggalan dari negara lain,” pungkasnya. (soh/sal)

   Prokal  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...