Rabu, 06 Juli 2016

Jajaran Koarmatim Kini Diperkuat Empat KAL

4 kapal patroli baru

Kadispen Koarmatim Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman mengatakan, empat Kapal Angkatan Laut (KAL) Jenis Kapal Patroli siap memperkuat Jajaran Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim).

"Kapal-kapal itu buatan anak bangsa Indonesia. Kedatangan keempat KAL itu disambut Pangarmatim Laksda TNI Darwanto di dermaga F Koarmatim, Ujung, Surabaya, Selasa (5/7)," katanya di Surabaya, Rabu (6/7/2016).

Ia menjelaskan, keempat KAL tersebut terdiri dari KAL Bawean dengan nomor lambung I-2, KAL Wayag 1-14-10, KAL Tidore 1-14-11, dan KAL Kelambau 1-13-49. Kedatangan Kapal-Kapal ini merupakan bagian dari rencana strategis (renstra) TNI Angkatan Laut dalam upaya mewujudkan kekuatan Pokok Minimum TNI Angkatan Laut Tahun 2010 sampai dengan 2024.

"Kedatangan KAL ditandai dengan laporan kedatangan oleh Komandan KAL Bawean yaitu Kapten Laut (P) Eska Yosef Wiratama kepada Pangarmatim," ungkapnya.

Ia menambahkan pada kesempatan itu, Pangarmatim langsung meninjau ke empat KAL itu. Dalam Admiral Inspection, Pangarmatim yang didampingi oleh Kepala Staf Koarmatim Laksamana Pertama (Laksma) TNI Mintoro Yulianto, meninjau langsung fisik kapal, fasilitas, dan berbagai kemampuan yang dimilikinya.

"Saat onboard di KAL Bawean, Pangarmatim menyampaikan pengarahan kepada para Komandan Kapal beserta Anak Buah Kapal (ABK), agar selalu menjaga kesiapsiagaan saat melaksanakan tugas sebagai salah satu unsur Koarmatim, dengan mengutamakan keselamatan personel maupun meteriil," katanya.

Selain itu, Pangarmatim berpesan untuk selalu merawat kapal dengan baik, menjaga kekompakan antar-ABK, serta menjaga kebersihan kapal, dan menghindari penyebab terjadinya kebakaran atau kerusakan yang lain.

"Pada akhir pengarahan, Pangarmatim beserta staf mengucapkan selamat merayakan Idul Fitri 1437 H/2016, sekaligus memohon Maaf Lahir dan Batin kepada prajurit Koarmatim," ujarnya.

Ia menjelaskan, KAL Bawean I-2 merupakan jenis PC-P (PC 32) memiliki panjang max kapal 36,8 meter dan lebar max kapal 6,5 meter dengan Komandan Kapal yaitu Kapten Laut (P) Eska Yosef Wiratama.

"Kapal ini di buat pada tahun 2015 dan resmi bergabung dengan TNI AL pada 16 Juni 2016," bebernya.

Adapun ketiga kapal lainnya yaitu, KAL Wayag 1-14-10, KAL Kelambau 1-13-49 dan KAL Tidore 1-14-11 merupakan jenis Kapal Patroli Cepat type 28 yang dibuat oleh PT. Karimun Anugerah sejati.

"KAL Bawean dipercaya bergabung dan memperkuat jajaran Satuan Kapal Bantu (Satban) Koarmatim, sedangkan KAL Wayag 1-14-10 dipercaya bergabung untuk memperkuat Lantamal XIV, Sorong dengan Komandan Kapal Kapten Laut (P) Eko Hadi Suwarno," paparnya.

Sementara itu, KAL Kelambau 1-13-49 akan memperkuat jajaran Unsur Lanal Kota Baru di bawah pimpinan Komandan Kapal Kapten Laut (P) Mauludin.

"Sedangkan KAL Tidore 1-14-11 dipercaya bergabung memperkuat Lanal Ternate dengan Komandan Kapal Kapten Laut (P) Habiby Achmad," tutupnya. [tar]

  inilah  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...