Sabtu, 09 Juli 2016

[Dunia] 'Si Gadis Gempal'

Pesawat Transportasi Baru Militer China http://2.bp.blogspot.com/-GaKsCIhMvw0/U6cv8Hx1gtI/AAAAAAAAEuU/CRBk8T5bhnY/s1600/CN235+MPA+garuda+Militer.gifMiliter China mulai mengoperasikan pesawat transportasi besar buatan dalam negeri, Y-20, yang dijuluki Si Gadis Gempal karena ukurannya yang besar. (VCG/VCG via Getty Images) ♣

M
iliter China mulai mengoperasikan pesawat transportasi besar buatan dalam negeri, Y-20. Menurut Kementerian Pertahanan China, pesawat ini adalah "langkah penting" bagi kekuatan udara Tiongkok.

Dikutip CNN, pesawat Y-20 secara resmi tergabung dalam kemiliteran China pada Rabu lalu dalam sebuah upacara di Chengdu. Dijuluki "Si Gadis Gempal" karena ukurannya yang besar, pesawat ini mampu membawa beban hingga sekitar 200 ton.

Y-20 dirancang sebagai pesawat kargo dan tentara untuk jarak jauh di cuaca yang ekstrem. Bermesin empat turbofan, Y-20 dilaporkan mampu terbang hingga 4.500 km dengan beban penuh. Jarak tempuhnya bisa mencapai 8.000 km jika membawa beban hanya 40 ton.

Pesawat ini adalah bagian dari program modernisasi angkatan bersenjata China yang terbesar di dunia. China juga mengembangkan kapal induk, rudal anti-satelit dan jet tempur siluman. "Si Gadis Gempal" akan memudahkan mobilisasi pasukan China di seluruh dunia, salah satunya di pangkalan militer internasional pertama mereka di Djibouti.

Y-20 yang pertama kali mengudara pada 2013 kerap disandingkan dengan Boeing C-17, pesawat transportasi militer milik Amerika Serikat. Walau C-17 lebih besar, namun Boeing menghentikan produksi pesawat ini tahun lalu, sedangkan China baru saja memulai program ambisius meningkatkan perangkat militer mereka.

Perkembangan militer China diwaspadai oleh AS dan negara-negara tetangga di Asia. Pasalnya, China dinilai kian agresif dalam mengklaim Laut China Selatan, perairan yang juga diakui oleh negara-negara Asia lainnya.

  CNN  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...