Jumat, 29 September 2017

HUT TNI di Banten Bakal Pamer Alutsista

KRI TNI AL [def.pk]

Tentara Nasional Indonesia (TNI) sedang sibuk mempersiapkan peringatan HUT ke-72 yang rencananya digelar Oktober di Pelabuhan Indah Kiat, Kota Cilegon, Banten.

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menyatakan bahwa dipilihnya Provinsi Banten sebagai wilayah dilaksanakannya HUT TNI ke-72 karena daerah pecahan Jawa Barat tersebut terbilang strategis.

Selain itu Banten juga wilayah yang terbilang dekat dengan Ibukota Jakarta. Sehingga pihaknya memilih Banten sebagai daerah untuk melaksanakan HUT TNI yang kedua kalinya.

Banten tempat yang bisa demokrasi menyatukan angkatan darat, laut dan udara bisa menampilkan di sini, tidak bisa di tempat lain. Selain itu dipilihnya Banten juga faktor keamanan dan sebagainya,” ujar Panglima saat kegiatan Bakti Sosial Kesehatan HUT TNI ke-72 di Pelabuhan Indah Kiat, Kota Cilegon, Kamis (28/9/2017).

Panglima menjelaskan, kegiatan HUT ke-72 TNI bukan hanya kegiatan seremonial tahunan, melainkan kegiatan tersebut dilaksanakan untuk melaporkan kekuatan alutsista yang dimiliki negara Indonesia.

Kegiatan ini untuk melaporkan kepada Presiden, kepada rakyat Indonesia, sejauh mana Alutsista yang dimiliki dan digunakan untuk apa,” jelasnya.

Panglima juga menjanjikan pada HUT TNI kali ini bakal menampilkan alutsista baru. “Ada alutsista yang baru. Liat saja nanti. Kalau saya jelaskan sekarang nanti tidak nonton,” katanya seraya tertawa.

Kapenrem Korem 064/Maulana Yusuf Kapten Inf Widhitama Dwi Candra menjelaskan, sejumlah alutsista yang sudah berada di Kota Cilegon diantaranya, kendaraan lapis baja seperti Tank Leopard, Tank Kavlan, Amphibious Anoa, Tank M113A1, Tank Pandur, Tank Arisgator. Kemudian sekitar 30 KRI TNI AL dan kapal selam.

Persiapan masih tetap dilakukan. Untuk personel dan alutsista sudah berdatangan secara bergiliran ke Dermaga Indah Kiat,” ujarnya. (haryono)

 Tiga Kapal Perang Kolinlamil Dukung HUT TNI 
Kapal Perang KolinlamilTiga Kapal perang Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) turut meramaikan pelaksanaan peringatan Hari Ulang Tahun ke-72 TNI yang akan berlangsung pada 5 Oktober 2017 di Pantai Indah Kiat, Cilegon Banten. Unsur-unsur kapal perang tersebut akan merapat di Cilegon, Banten, Kamis (28/9/2017).

Ketiga Kapal perang milik Kolinlamil yang terdiri dari KRI Banda Aceh 593, KRI Bintuni 520 dan KRI Tanjung Kambani 971 yang akan berangkat menuju Pantai Indah Kiat Banten membawa pasukan defile TNI AL yang juga akan berlaga di peringatan ke-72 TNI.

Kapal perang berjenis Landing Platform Dock atau kapal markas ini dan kapal angkut personil akan bergabung dengan kapal perang milik Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) dan Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) untuk turut dalam Demo Gabungan Tempur Matra Laut pada 5 Oktober mendatang yang akan disaksikan langsung Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Operasi pergeseran pasukan dan pergeseran material merupakan salah satu tugas dan fungsi Kolinlamil sebagai Kotama Operasi yang bertugas menyelenggarakan operasi angkutan laut TNI baik dalam rangka Operasi Militer untuk Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dan bantuan angkutan laut sesuai dengan kebijakan Panglima TNI.

Sementara itu Demo Latihan Gabungan Tempur Matra Laut telah melakukan Tactical Floor Game (TFG) yang dipimpin oleh Komandan Satgas Laksma TNI Rahmad Jayadi, M.Tr (Han)., yang sehari-harinya menjabat sebagai Komandan Gugus Tempur Laut Koarmatim (Guspurlaarmatim). TFG dihadiri oleh para komandan KRI yang masing-masing didampingi oleh Kepala Departemen Operasi (Kadepops) serta para pilot dan Copilot.

Rangkaian kegiatan TFG diawali oleh paparan dari Pusat Hidro-Oceanografi Angkatan Laut (Pushidrosal) tentang situasi terkini di perairan Banten tempat demo, dan paparan dari syahbandar pelabuahan Indah Kiat dan Merak. Dalam TFG yang berlangsung di Lanal Banten ini, masing-masing kepala bidang (Kabid) terlibat untuk memantapkan skenario latihan yang sudah direncanakan. Bidang yang terlibat dalam demo tempur antara lain bidang UT Udara, demo laut, sailing pass, demo Pasukan Katak, dan pengamanan laut.

(Dispen Kolinlamil/sir)

  ⚓ Poskota  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...