Kamis, 07 September 2017

Satgas Garuda Terima Penghargaan

Selamatkan Warga https://lancercell.files.wordpress.com/2017/09/selamatkan-warga-ethiopia-satgas-garuda-terima-penghargaan-aksi-5.jpgSelamatkan Warga Ethiopia, Satgas Garuda Terima Penghargaan. (Poskota)

Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Batalyon Komposit TNI Konga XXXV-C/Unamid (United Nations Mission In Darfur) atau Indobatt-03 di bawah pimpinan Letkol Inf Syamsul Alam, S.E. sebagai Dansatgas beberapa waktu lalu mendapat Piagam Penghargaan dari commander sector west unamid Brigjen Asrat Denero Amad dari Ethiopia atas usaha penyelamatan masyarakat yang hanyut terseret arus Wadi.

Kronologis kejadian, pada hari Senin tanggal 28 Agustus 2017 pukul 09.25 LT Tim Charlie 3 Dpp Letnan Satu Inf Pusdika berangkat dari Indobatt Camp untuk melaksanakan Patroli LRP Milobs dengan tujuan Desa Kamkama dan Desa Murayat, sekitar pukul 14.00 LT kendaraan APC dan kendaraan yang ikut patroli beserta kendaraan Milobs mengalami Stuck/tertanam didaerah Desa Murayat.

Setelah diadakan pemulihan namun tidak bertahan lama sekitar 500 meter berjalan mengalami Stuck lagi dikarenakan cuaca hujan. Sampai akhirnya Patroli harus bermalam diluar.

Pada hari Selasa tanggal 29 Agustus 2017 masih melaksanakan perbaikan kendaraan yang mengalami Stuck dikarenakan ada beberapa kendaraan yang rusak diantaranya APC roda kanan tengah tidak bisa berputar, mobil LC yang kehabisan kanvas kopling. Setelah diatasi, perjalanan kembali ke Super Camp dilanjutkan.

Sekitar pukul 14.30 LT perjalanan tidak bisa dilanjutkan dikarenakan terhalang Wadi basah yang arusnya cukup deras, akhirnya patroli bertahan di pinggiran sungai menunggu air sungai surut untuk bisa dilewati.

Sekitar pukul 15.00 LT dari arah yang sama datang dua mobil LC masyarakat dengan muatan barang yang akan melewati Wadi tersebut, namun hanya satu mobil LC yang berhasil lewat sedangkan mobil LC yang kedua tidak bisa lewat.

Melihat kejadian tersebut personil yang melaksanakan patroli dipimpin Serka Andi Ruli beserta 11 orang lainnya membantu menyelamatkan anak-anak dan ibunya yang terseret arus Wadi beserta barang – barang yang berada diatas mobil. Setelah berhasil diselamatkan Tim kembali menuju Indobatt Unamid 03 di El Geneina Supercamp.

Karena inisiatif dan keberanian tersebut, Tim mendapatkan piagam penghargaan dari commander sector west unamid Brigjen Asrat Denero Amad dari Ethiopia atas usaha penyelamatan masyarakat yang hanyut terseret arus Wadi.

Kapen Kostrad
Letkol Inf Putra Widyawinaya

  Poskota  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...