Senin, 07 September 2020

Drone Target TNI AD

Bansheehttps://www.indomiliter.com/wp-content/uploads/2017/08/Banshee-Target-Drone.jpgTarget Drone BTT-3 Banshee [istimewa]

Pasukan penjaga langit Angkatan Darat Tentara Nasional Indonesia berhasil melakukan uji coba penerbangan pesawat tanpa awak Banshee.

Drone buatan Inggris itu berhasil diterbangkan prajurit Pusat Kesenjataan Artileri Pertahanan Udara TNI AD di atas langit kampung kelahiran Jenderal (Hor) TNI (Purn) Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY di Lumajang, Jawa Timur.

Dari siaran resmi Pussenarhanud TNI AD yang dilansir VIVA Militer, Senin 7 September 2020, drone Banshee tak cuma berhasil diuji terbang pada kondisi siang hari. Namun juga malam hari. Banshee berhasil diterbangkan dengan alat peluncur pneumatic air launchers.

Uji coba terbang terhadap drone Banshee sangatlah penting, sebab nantinya drone akan dijadikan sasaran tembak pada latihan pertahanan udara dengan menggunakan rudal dan juga meriam artileri pertahanan udara.

TNI AD memiliki 59 unit drone Banshee, benda ini tiba di Indonesia pada April 2020. Jenis yang dibeli bukan yang terbaru tapi Banshee Whirlwind. Walau begitu, sudah 42 negara memakainya untuk latihan tembak udara militer.

https://thumb.viva.co.id/media/frontend/thumbs3/2020/09/06/5f550e7a92233-viva-militer-drone-banshee-tni-ad_663_372.jpgDrone jenis ini telah memiliki riwayat uji tembak yang mumpuni, Banshee Whirlwind pernah diuji tembak dengan berbagai jenis sistem rudal udara mulai dari R550 Magic, AIM- Sparrow, AMRAAM, MICA, Aspide dan lainnya.

Banshee jenis ini juga telah pernah jadi target latihan tembak dengan rudal sistem pertahan udara sperti Patriot, ESSM, IRIS-T, HVM, AKASH hingga Sea Sparrow dan Sea Wolf dan lainnya.

Pesawat tanpa awak target tembak ini memiliki ukuran panjang 2,9 meter, lebar bentangan saya 2,4 meter dan tinggi 0,78 meter. Drone ini mampu terbang dengan kecepatan hingga 370 kilometer perjam.

Dapat terbang dari ketinggian hanya lima meter hingga 7 kilometer di udara. Dan jika tertembak, drone ini bisa jatuh dengan menggunakan parasut khusus.

 ♖ VIVAnews  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...