Selasa, 24 Mei 2022

[Global] Iran Luncurkan Pesawat Angkut Baru Buatan Dalam Negeri

 Sekelas CN235[istimewa] ✈️
Iran telah meluncurkan pesawat angkut baru buatan dalam negeri bernama Simorgh. Acara peluncuran dilaksanakan di fasilitas pabrik pesawat HESA di Isfahan, Iran tengah pada 19 Mei 2022.

Upacara dihadiri langsung oleh Menteri Pertahanan Iran Jenderal Mohammad Reza Ashtiani juga Wakil Presiden untuk Sains & Teknologi Sourena Sattari dan Presiden Organisasi Penerbangan Sipil Ali Abidzadeh.

Selama upacara peluncuran, Ashtiani mengatakan pesawat angkut taktis ini dapat digunakan baik untuk keperluan sipil maupun militer.

Ditambahkan, meskipun Simorgh desainnya mirip dengan pesaingnya, namun dalam hal platform, avionik dan sistem propulsi, suku cadang dan kemampuan manuver pesawat ini lebih baik daripada pesawat lain.

Disebutkan pula, dalam beberapa tahun terakhir semua tes darat dan penerbangan serta pengujian sistem propulsi pesawat Simorgh telah dilakukan oleh pakar industri penerbangan dalam negeri.

Berdasarkan informasi yang disiarkan Presstv, Simorgh dilengkapi dengan dua mesin turboprop TV3-117, di mana setiap mesin berbaling-baling enam bilah.

Pesawat sanggup terbang dan mendarat dilandasan pendek (STOL), dengan jangkauan terbang feri sejauh 3.700 km atau 900 km dengan membawa muatan kargo maksimum seberat 6 ton.

Secara tampilan Simorgh menyerupai pesawat IrAn-140, yakni pesawat penumpang 40-50 orang yang dibuat berdasarkan lisensi oleh HESA berdasarkan Antonov An-140 buatan Ukriana.

Pada 9 November 2010, dalam pidato pembukaan pameran kerdirgantaraan Kish, Menteri Transportasi Iran mengumumkan bahwa produksi 14 unit IrAn-140 telah diselesaikan. Dimana enam pesawat pertama mulai memasuki layanan komersial pada 19 Februari 2011.

Yang menjadi perbedaan utama antara Simorgh dengan IrAn-140 adalah pesawat baru ini dilengkapi pintu rampa belakang seperti CN235 yang menjadi pesaing terdekatnya.
 

 
Airspace Review  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...