Sabtu, 28 Januari 2023

[Global] 2 Jet Tempur India Tabrakan di Udara

✈️ 1 Pilot Tewas✈️ Ilustrasi Jet temput Sukhoi Su-30 milik Angkatan Udara India (dok. AFP/DIBYANGSHU SARKAR)

Dua jet tempur milik Angkatan Udara India saling tabrakan di udara saat menjalani misi latihan di ibu kota New Delhi. Satu pilot dikonfirmasi tewas dalam insiden itu, sedangkan dua pilot lainnya berhasil selamat namun mengalami luka-luka.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (28/1/2023), tabrakan itu terjadi antara sebuah jet tempur Sukhoi Su-30 buatan Rusia, yang diterbangkan oleh dua pilot, dan sebuah jet tempur Mirage 2000 buatan Prancis, yang diterbangkan seorang pilot.

Kedua jet tempur sama-sama lepas landas pada Sabtu (28/1) pagi waktu setempat dari pangkalan udara Gwalior, yang berjarak 50 kilometer sebelah timur dari lokasi kecelakaan.

"Pesawat itu sedang dalam misi pelatihan terbang yang menjadi operasional rutin," demikian pernyataan Angkatan Udara India.

Disebutkan bahwa salah satu dari tiga pilot jet tempur itu mengalami luka parah dan dinyatakan meninggal dunia.

Penyebab tabrakan dua jet tempur itu belum diketahui secara jelas. Angkatan Udara India menyatakan penyelidikan tengah dilakukan secara menyeluruh.

Laporan otoritas setempat menyebut jet tempur pertama jatuh ke area hutan Pahadgarh, Madhya Pradesh, yang berjarak 300 kilometer sebelah selatan New Delhi.

"Dua pilot ditemukan di dekat lokasi kecelakaan, yang kemudian dievakuasi dengan helikopter IAF untuk perawatan," tutur Inspektur Ashutosh Bagri dari Kepolisian Distrik Morena kepada AFP.

"Keduanya telah keluar dari bahaya," imbuhnya, merujuk pada dua pilot yang selamat.

Satu jet tempur lainnya dilaporkan jatuh di lokasi yang agak jauh di wilayah Rajasthan. Sejumlah foto dari otoritas penyelamat setempat menunjukkan para personel militer tengah memeriksa puing-puing mesin pesawat yang berserakan di lokasi.

Insiden ini menjadi insiden terbaru yang melibatkan pesawat militer India, ketika pemerintah berusaha memodernisasi Angkatan Bersenjata dan menghadapi tantangan keamanan yang rumit. Pada Oktober tahun lalu, sedikitnya lima tentara tewas saat helikopter yang mereka tumpangi jatuh di Arunachal Pradesh.

  ✈️
detik  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...