Rabu, 22 Februari 2023

5 Pesawat Super Hercules C-130J Datang Bertahap

 Mulai Maret hingga Januari 2024Hercules C-130J A1339 pesanan TNI AU [Jet Photos] ✈️

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau), Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah, mengatakan lima pesawat Super Hercules C-130J akan segera dikirim dari Amerika Serikat (AS). Pengiriman dilakukan bertahap dan akan dimulai pada Maret 2023 hingga Januari 2024.

"Jadi, pesawat itu akan tiba di Lanud Halim 6 Maret 2023 yang akan diberangkatkan langsung dari pabrikannya di Lockheed Martin di Marita Georgia, AS, tanggal 28 Februari ini," kata Indan kepada wartawan di kawasan TMII, Jakarta Timur, Selasa (21/2/2023).

"Hercules ini akan ditempatkan di Lanud Halim Perdanakusuma. Kemudian disiapkan juga 3 awak pesawat pada penerbangan dari Georgia menuju Jakarta," lanjutnya.

Dia mengatakan tanggal 6 Maret merupakan bagian dari awal pengiriman pesawat Super Hercules C-130J. Selanjutnya, akan ada empat pesawat lainnya yang akan dikirim selama 2023.

"Ini adalah bagian dari awal pengiriman Hercules, kemudian kedatangan berikutnya direncanakan bulan Juli, Oktober, dan Januari tahun depan di akhir ya," ujarnya.

Indan mengaku saat ini TNI AU sudah memiliki tiga pesawat Hercules yang ditempatkan di berbagai daerah di Indonesia. Menurutnya, dengan menambah alutsista tersebut, TNI AU dapat memenuhi kebutuhan transportasi personel TNI AU.

"Sekarang sebetulnya kalau dari, kita sudah memiliki tiga skuadron Hercules ya jadi satu di skuadron 31 di Halim, 32 di Malang, dan skuadron 33 di Abdi Saleh," ujarnya.

"Saya kira dengan melengkapi pesawat tersebut kebutuhannya bisa terpenuhi. Saya kira kedatangan lima pesawat Hercules tipe J ini akan banyak memenuhi kebutuhan kita akan transportasi berat, transportasi personel ataupun kargo yang dibutuhkan oleh kita," katanya.

Sebelumnya, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menyampaikan soal penguatan alat utama sistem senjata (alutsista) oleh TNI AU tahun ini. Salah satunya, menurut Fadjar, pesawat Super Hercules C-130J yang akan tiba di Tanah Air bulan depan.

"Yang dalam waktu dekat adalah pesawat Hercules C-130J, kira-kira bulan depan akan tiba. (Rencana yang datang) 5 unit," kata Fadjar kepada wartawan saat Rapat Pimpinan TNI AU di Gedung Puri Ardhya Garini Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (10/2/2023).

Selain Super Hercules C-130J, Fadjar mengatakan alutsista TNI AU akan diperkuat juga dengan helikopter Super Puma EC-225. Fadjar menuturkan helikopter tersebut akan tiba tahun ini.

"Dan juga Helikopter EC-225, itu tahun ini akan kita terima," imbuh dia. (aik/aik)
 

 
detik  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...