Selasa, 21 Februari 2023

Prototipe KF-21 Boramae Berkursi Tandem Berhasil Terbang Perdana

Prototipe keempat KF-21 Boramae [@Fighterman_FFRC]

Prototipe jet tempur KF-21 Boramae versi kursi tandem (depan dan belakang) berhasil terbang perdana pada hari ini, Senin, 20 Februari 2023.

Pesawat prototipe dengan nomor ekor 004 ini mengudara selama 34 menit dimulai dari pukul 11.19 hingga pukul 11.53, menurut Administrasi Program Akuisisi Pertahanan (DAPA).

Korea Aerospace Industries (KAI) yang memproduksi pesawat tersebut mengatakan, penerbangan KF21 004 merupakan pencapaian yang luar biasa.

Pesawat melaksanakan penerbangan dari Wing Pelatihan Terbang ke-3 Angkatan Udara Republik Korea (RoKAF) di Sacheon, 300 km selatan Seoul.

Prototipe dengan kursi ganda ini akan digunakan untuk pengembangan dan pengoperasian sistem elektronik pesawat dan selanjutnya untuk pengoperasian kendaraan udara tak berawak (drone) di masa depan.

Pilot yang nantinya duduk di kursi belakang dapat melaksanakan misi peperangan udara elektonik dan untuk pengendalian drone.

Sebelumnya, prototipe pertama dan kedua dari KF-21 melakukan penerbangan pertama masing-masing pada bulan Juli dan November tahun lalu. Sedangkan yang ketiga melakukan penerbangan perdananya bulan Januari lalu.

Tiga prototipe yang telah mengudara sebelumnya, semuanya berkursi tunggal.

Kantor berita Yonhap melaporkan, dalam uji terbang perdana pada hari Senin, hanya satu pilot yang menerbangkan KF-21 004. Hal ini untuk memastikan keamanan pesawat baru tersebut.

Sementara itu DAPA menambahkan, prototipe keempat akan digunakan untuk melihat perbedaan antara prototipe kursi tunggal dan dua kursi yang akan berdampak pada pengoperasian pesawat dan juga akan melakukan tes avionik pada radar AESA (active electronically scanned array).

DAPA juga mengatakan, varian ini nantinya akan digunakan untuk melatih pilot.

Badan itu mengatakan, penerbangan dua prototipe KF-21 lainnya dijadwalkan pada paruh pertama tahun ini untuk total bersama prototipe lainnya mencapai 2.000 jam penerbangan hingga Februari 2026. -Poetra-

  ★
Airspace Review  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...