Jumat, 24 Maret 2023

[Global] Korut Uji Coba Drone Nuklir Bawah Laut

Sukses berlayar di bawah air selama lebih dari 59 jamLedakan bawah air dari hulu ledak yang dimuat ke drone bawah laut Haeil saat uji coba pada Kamis, 23 Maret 2023 (Dok. Kcna.kp)  💣

Korea Utara mengklaim berhasil menguji coba drone nuklir bawah laut baru pada Selasa pekan ini ketika Amerika Serikat dan Korea Selatan menggelar latihan militer bersama.

Kantor berita Korut, KCNA, melaporkan pada Kamis (23/3) bahwa uji coba itu ditinjau langsung oleh Pemimpin Tertinggi Kim Jong-un. Korut turut menembakkan rudal jelajah dan latihan menembak selama uji coba drone yang berlangsung dari Selasa hingga Kamis itu.

Selama latihan, drone nuklir tersebut berhasil berlayar di bawah air selama lebih dari 59 jam dan meledak di perairan lepas pantai timurnya pada Kamis, kata KCNA. Meski begitu, KCNA tidak merinci kemampuan nuklir dari drone tersebut.

Sistem drone ini dimaksudkan untuk melakukan serangan diam-diam di perairan musuh dan menghancurkan kelompok penyerang angkatan laut dan pelabuhan operasional utama, kata KCNA.

"Drone serang nuklir bawah air ini dapat dikerahkan di pantai dan pelabuhan mana pun atau ditarik oleh kapal untuk operasi," kata KCNA seperti dikutip Reuters.

Dalam simulasi perang yang terpisah, Korut juga mengonfirmasikan bahwa pihaknya telah menembakkan empat rudal jelajah pada hari Rabu (22/3) untuk berlatih melakukan misi serangan nuklir taktis.

Korut menuturkan rudal berhasil "uji hulu ledak yang mirip dengan hulu ledak nuklir" dan terbang 1.500 hingga 1.800 kilometer.

Militer Korea Selatan pun membenarkan bahwa Korut telah menembakkan empat rudal jelajah di lepas pantai timurnya pada Rabu.

Uji coba senjata baru Korut ini dilakukan ketika ketegangan antara Pyongyang dan AS-Korsel terus meningkat. Korut pun kembali getol menguji coba sistem rudalnya. (rds)
 

 
💣 CNN  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...