Minggu, 19 Maret 2023

[Global] Turkiye Pamerkan Jet Tempur Siluman TF-X

Siap Terbang Perdana Akhir Tahun Ini
Jet Tempur Siluman TF-X

Akhirnya Turkiye di bawah pimpinan Erdogan mulai mewujudkan impiannya untuk membuat jet tempur buatan dalam negeri.

Dilansir dari daily Sabah, jet tempur siluman generasi kelima TF-X National Combat Aircraft (MMU) meninggalkan hanggarnya Jumat malam kemarin (17/3). Jet TF-X MMU berhasil uji taksi menyalakan mesinnya dan turun ke lintasan landasan pacu.

Pada hari ini (18/3), secara resmi jet TF-X MMU akan keluar dari hanggarnya dan disaksikan oleh Presiden Erdogan sendiri.

Jet tempur siluman generasi kelima ini TF-X MMU dikembangkan oleh Turkish Aerospace Industries (TUSAŞ).

Dengan adanya teknologi dan fitur canggih seperti jet tempur generasi kelima, jet TF-X MMU diyakini akan memiliki kemampuan untuk menyerang target udara-ke-udara dan udara-ke-darat secara strategis.

TF-X MMU dengan radar kinerja tinggi, peperangan elektronik, elektro-optik, komunikasi, navigasi dan kemampuan identifikasi, akan mencapai peningkatan kekuatan tempur dengan presisi dan tembakan akurat dari slot senjata internal dengan kecepatan tinggi/supersonik. Ini juga memiliki pengenalan dan deteksi target otomatis, fusi data ganda dan kemampuan kecerdasan buatan.

Pesawat tempur yang dikembangkan Turki akan menggantikan pesawat F-16 dalam inventaris Komando Angkatan Udara dan direncanakan akan dihapus mulai tahun 2030-an.

  ★ Warta Nusantara  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...