Selasa, 07 Maret 2023

UEA Memesan LPD dari PT PAL Indonesia

Dengan kontrak senilai 1,5 miliar AED ($ 408 juta USD) Model LPD 163 meter desain PAL (Naval News) 👷

UEA menandatangani kontrak senilai 1,5 miliar AED (setara dengan $ 408 juta USD) dengan galangan kapal PT PAL Indonesia untuk pengadaan kapal multi-misi sepanjang 163 meter, khususnya Landing Platform Dock (LPD).

Pada pameran NAVDEX 2023, PT PAL Indonesia memamerkan model skala LPD yang lebih besar dari LPD kelas Makassar. Stan PT PAL dikunjungi oleh Naval News selama pameran, tetapi pejabat perusahaan menolak untuk mengomentari kesepakatan tersebut.

Menurut Harry Lye dari Shephard Media, LPD akan dibangun di Surabaya, dengan konstruksi akan dimulai tahun ini, dan kesepakatan tersebut mencakup konten UEA, khususnya dalam bentuk RHIB dan Interceptor Abu Dhabi Ship Building (ADSB) yang akan beroperasi dari platform.

Penandatanganan kontrak LPD tidak terduga, karena minat UEA pada kapal ini bukanlah hal baru. Dengan rencana untuk meningkatkan kemampuan proyeksi kekuatannya, Angkatan Laut UEA telah mengirimkan tim untuk memeriksa LPD kelas Makassar TNI Angkatan Laut, KRI Banda Aceh (593) pada April 2022. Menurut postingan Instagram Angkatan Laut Indonesia, tim Angkatan Laut UEA terdiri dari petugas operasi, insinyur, dan tenaga medis yang menguji kemampuan operasional kapal saat onboard.

Tiga bulan kemudian, Indonesia dan UEA menandatangani nota kesepahaman (MoU) yang menguraikan kemitraan ekonomi kedua negara, termasuk kontrak pembelian Landing Platform Dock (LPD) antara PT PAL Indonesia dan Angkatan Laut UEA.

Kapal pendukung serbaguna (multipurpose) 163 meter akan memiliki lebar 24 meter dan perpindahan 13.000 ton. Dan akan memiliki sistem propulsi hybrid yang terdiri dari mesin 2x7280kW, yang mampu memberikan kecepatan maksimum 20 knot. LPD baru akan memiliki daya tahan 30 hari di laut dan jangkauannya akan melebihi 10.000 mil laut.

  Kemampuan LPD 163 m : 

👷 Derek kargo berkemampuan 1×15 ton
👷 1×18 ton angkat kendaraan
👷 Well deck yang mampu menampung 2 LCU
👷 2 RHIB (35 knot)
👷 2 Interceptors (55 knot)
💂 500 pasukan
👷 16x tank
👷 6xAV-8 MPAVs
🚑 1 mobil ambulance

LPD baru akan mampu membawa 3 helikopter EC 725 di dek dan 2 helikopter EC 725 di hanggar. Juga UAV dengan fasilitas darat akan disiapkan di atas kapal baru.

Meriam utama LPD adalah meriam 76 mm atau 57 mm. Persenjataan lainnya akan terdiri dari meriam 40 mm dan RWS 4×12,7 mm, atau sistem senjata jarak dekat 2x35mm, dan meriam 4×12,7 mm.

Selain kemampuan amfibinya, LPD baru akan mampu melakukan misi bantuan kemanusiaan, bantuan bencana dan operasi evakuasi massal, operasi sealift angkatan laut, dukungan logistik, dan komando kendali armada. (Tayfun Ozberk)

 ⚓️ 
Naval News  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...