Jumat, 05 Februari 2016

KRI Usman Harun Tiba di India

KRI Usman Harun

Setelah meninggalkan Tanah air Indonesia, dari pangkalan Armatim Surabaya, Satgas Duta Bangsa KRI Usman Harun-359 melakukan perjalanan Muhibah menjelajah Samudera berlayar sejauh 2620 Nm, berakhir tiba di kota tujuan Visakhapatnam India, Rabu (03/02).

Pelayaran panjang kali ini di tempuh dengan kurun waktu 12 Hari, Cepat kapal, rata rata 15 Knot, berlayar melintas Laut Jawa, Selat Gelasa, Laut Natuna, Selat Durian, Selat Malaka, Samudera Hindia, serta Kota singgah (Surabaya, Jakarta, Belawan dan Visakhapatnam).

Sebelum tiba di pelabuhan pertama Visakhapatnam India, KRI. Usman Harun 359 masuk perairan Nicobar India, mendapat sambutan persahabatan ucapan selamat datang dan selamat bergabung oleh Patrol Boat IMS. Carnicobar T. 69 (Indian Navy).

Kedatangan KRI USH-359 di Visakhapatnam India, langsung bergabung dengan sekitar 50 kapal perang berbagai type dan jenis dari berbagai negara yang telah tiba mendahului, KRI USH-359 melakukan lego jangkar di pantai Visakhapatnam sejauh 1000 yard dari dari arah lokasi pantai.

Menurut Komandan KRI dan selaku Komandan Satgas Muhibah pelayaran IFR (International Fleet Review) India 2016 Kolonel Laut (P) Heri Triwibowo, S.E., alumni AAL angkatan 41,“ Kedatangan KRI USH-359 dari Indonesia menuju India adalah sebagai Duta Bangsa Indonesia, selaku Participant ship International Fleet Review India 2016, serta menghadiri undangan resmi Indian Navy selaku tuan rumah acara dan penyelenggara Event IFR (Internatioal Fleet Review) India 2016.

Kehadirannya punya tujuan utama untuk memelihara dan meningkatkan hubungan diplomatik dan kerjasama antar Bangsa dan negara, serta sebagai tolok ukur kemampuan TNI AL di mata Dunia internasional, sebagai acuan menjadikan negara RI sebagai Poros Maritime Dunia, dan sebagai media untuk mengetahui perkembangan teknologi dengan negara-negara peserta IFR 2016. pada umumnya dan India pada khususnya, dengan sasaran utama akan terwujud interaksi sosial, pertukaran informasi dan pengalaman profesional.

Puncak acara event IFR, di gelar di lokasi Visakhapatnam pada 04 – 08 Febuari 2016, di buka oleh President India Mr. Pranav Mukharjee yang dihadiri langsung Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P. didampingi Ketua Umum Jalasenastri Pusat, Ny. Endah Ade Supandi, Asisten Logistik (Aslog) Kasal. acara di lanjutkan dengan Opening Ceremony,, Fleet Review, International City Parade, Joint Band Consert, Maritime Exhibitation, Closing Ceremony dan Sail for Photo Excercise, yang di ikuti oleh KRI. Usman Harun-359 sebagai perwakilan Indonesia.
 

  TNI AL  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...