Senin, 01 Februari 2016

Mobil Penangkal Rudal

Rakitan Indonesia Ilustrasi: (Okezone)

Indonesia kini patut berbangga dengan hasil karya anak negeri. Setelah PT Dirgantara Indonesia berhasil membuat pesawat N219, kini Indonesia juga berhasil mengembangkan teknologi mobil penangkal rudal.

Mobil penangkal rudal ini merupakan pengembangan di bidang militer yang dilakukan oleh PT Len Industri, sebuah perusahaan BUMN yang dipercaya untuk mengembangkan teknologi di bidang militer, khususnya mengenai rudal.

Pantauan Okezone, saat ini telah terdapat beberapa mobil dengan merek land rover yang telah berhasil dikembangkan dengan teknologi penangkal rudal.

"Kita kerja sama dengan Inggris. Tapi ini kita rakit disini. Meskipun bukan 100 persen buatan Indonesia, tapi teknologinya serta baterainya kita kembangkan disini," ujar General Manajer unit bisnis elektronika pertahanan PT Len Upari Rahardi saat ditemui di lokasi penyimpanan mobil, Sabang, Kamis (28/1/2016).

Dengan teknologi yang berhasil dikembangkan, kendaraan ini dapat mendeteksi rudal sebelum menyentuh daratan. Bahkan, untuk kedepannya akan akan dikembangkan mobil yang dapat secara otomatis bergerak ketika mendeteksi rudal.

"Jadi sistem kerjanya begini, pada saat ada rudal, teknologi kita di dalam mobil ini mendeteksi. Kemudian mobil ini akan menembak ke arah rudal. Jadi rudal akan meledak di udara sebelum menyentuh daratan," jelas Rahardi.

Sebagai informasi, kendaraan ini rencananya akan digunakan oleh Kementerian Pertanahan dalam rangka peningkatan jaminan keamanan negara. Namun, saat ini produksi teknologi tersebut masih terbatas karena masih diproduksi berdasarkan pesanan.

"Jadi ini berdasarkan pesanan dari Kementerian Pertanahan," tukasnya. (rzy)

  ★ Okezone  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...