Sabtu, 04 Juni 2016

[Dunia] Rudal Patriot Disiagakan, Jepang Siap Perang

[japantimes.co.jp]

Pemerintah Jepang dikabarkan telah menyiagakan rudal darat-ke-udara Patriot Advanced Capability 3 (PAC-3) di beberapa titik di kota-kota besar Jepang. Rudal-rudal patriot ini sudah disiagakan sejak hari Minggu lalu (29/5/2016). Selain rudal PAC-3, salah seorang petinggi militer Jepang juga mengklaim telah menerima perintah untuk menyiapkan beberapa kapal perusaknya untuk siap menembak ke Korea Utara.

Kesiagaan ini diambil setelah sebelumnya Korea Utara dikabarkan telah melakukan latihan penembakan rudal jarak jauh ke arah Jepang. Pemerintah Korea Selatan juga mengklaim adanya laporan dari agen-agen intelijennya yang mengabarkan bahwa militer Korea Utara sedang menyiapkan rudal-rudalnya untuk ditembakkan ke Korea Selatan dan Jepang.

Kami sedang dalam siaga penuh. Kami sudah mendeteksi adanya persiapan penembakan di sana (Korut),” ujar salah seorang sumber militer Korsel seperti dikutip oleh kantor berita NHK Jepang.

Ketegangan di wilayah Asia Timur itu tak pelak direspon juga oleh Pentagon. Juru Bicara Departemen Pertahanan AS US Navy Commander Garry Ross menyatakan bahwa pihaknya menambah pemantauan di wilayah itu.

Kami berkoordinasi dengan sekutu di wilayah itu. Kami juga mendorong agar Korea Utara menghentikan aksi provokatif ini,” tegasnya.

   Angkasa  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...