Sabtu, 02 Juli 2016

KRI Diponegoro Beraksi di Pearl Harbor


KRI Diponegoro Beraksi di Pearl Harbor (U.S. Navy Photo By Mass Communication Specialist 1st Class Phillip Pavlovich/RELEASED)

Kapal perang milik TNI Angkatan Laut (AL) yakni KRI Diponegoro-365 turut serta dalam latihan maritim internasional di markas Pacific Air Force di Pearl Harbor-Hickam, Amerika Serikat. Diboyong ke latihan tersebut 100 prajurit KRI, tim pendukung, serta 45 prajurit marinir.

"Sebagai Kapal Perwakilan Indonesia, kami merasa bangga dan terhormat dapat bergabung dalam Latma RIMPAC 2016 di Hawaii, Amerika Serikat," kata Komandan KRI DPN-365 Letkol Laut (P) Tunggul dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Sabtu (2/7/2016).

Selain KRI Diponegoro, di Pearl Harbor berlabuh pula 45 kapal-kapal dari 27 negara peserta lainnya untuk mengikuti Latma Multilateral RIMPAC 2016. KRI Diponegoro menempuh perjalanan selama 7 hari untuk tiba di Pearl Harbor dengan sebelumnya sempat bersandar di Kepulauan Marshall.

KRI Diponegoro disambut oleh Letnan Tom Cowel, Sersan Spaeder, dan Stephani Law selaku Manager Marketing Navy Exchange. Setelah itu perwakilan dari US Navy dan US Army menjelaskan mengenai peraturan selama berada di area latihan.

Latihan bersama ini bertujuan untuk menjalin kerjasama yang ke depannya untuk menjamin keamanan jalur laut dan keamanan laut dunia. RIMPAC 2016 ini merupakan gelaran yang ke-25 sejak pertama kali diadakan 1971 lalu.

Pelatihan akan berlangsung 30 Juni hingga 4 Agustus 2016 mendatang. Sebanyak 45 unit kapal, 5 unit kapal selam, lebih dari 200 unit pesawat, dan 25 ribu personel akan mengikuti pelatihan tahun ini.

"Banyaknya jumlah peserta tersebut menjadikan RIMPAC tahun ini sebagai latihan Angkatan Laut terbesar di dunia. Di tahun 2016 ini, terdapat empat negara yang untuk pertama kalinya akan mengikuti RIMPAC, yaitu Brasil, Denmark, Jerman dan Italia," ujar Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman. 
 

  detik  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...