Sabtu, 30 Agustus 2014

AS Beri Bantuan Alat Keamanan Laut ke Kemenhub

http://www.geocities.ws/gegana06/kplp.jpgKementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menerima bantuan peralatan penegakan hukum laut (maritime law enforcement) dari Pemerintah Amerika Serikat.

Bantuan tersebut rencananya akan dikirim secara langsung ke Pangkalan Penjaga Laut dan Pantai Tanjung Priok. "Kerjasama antara Pemerintah Amerika Serikat dan Pemerintah Indonesia dibidang penegakan hukum maritim semakin kuat dalam forum bilateral maupun multilateral," ujar Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai Kementerian Perhubungan Tri Yuswoyo dalam siaran pers yang diterima Kompas.com di Jakarta, Jumat (29/8/2014).

Dia menjelaskan, bantuan dari Pemerintah AS tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalitas para petugas Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP). Pemberian peralatan tersebut sudah serahkan oleh Acting Deputy Chiff of Mission of The United State Embassy ini Jakarta, Robert Riley kepada Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai Tri Yuswoyo.

Selain pemberian peralatan penegakan hukum laut, Pemerintah AS juga akan memberikan pelatihan capacity building kepada para petugas KPLP untuk peningkatan kualitas petugas KPLP. Pelatihan akan dilakukan oleh US Coast Guard dalam waktu dekat ini.

Kemenhub berharap pelatihan tersebut akan membuat para calon instruktur dapat melatih para petugas patroli KPLP secara mandiri sehingga kemampuan dan profesionalitas petugas KPLP semakin meningkat.

Program bantuan tersebut bukan kali ini saja. Pada April 2012, Pemerintah AS juga pernah menyerahkan bantuan berupa Personal Radiation Detectors untuk sekitar 37 pelabuhan di Indonesia.

  ★ Kompas  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...