Kamis, 28 Agustus 2014

[World News] Pasukan Penjaga Pantai AS Tembak Kapal Ikan Iran

Kapal Penjaga Pantai AS, Monomoy, dalam sebuah foto tahun 2005

Pasukan Penjaga Pantai AS (US Coast Guard) menembaki kapal ikan tradisional Iran di Teluk Persia setelah kapal Iran tersebut mengarahkan sebuah senapan mesin kepada pasukan Amerika, kata Angkatan Laut AS, Selasa (26/8/2014).

Insiden tersebut terjadi pada Selasa pagi ketika sebuah tim dari kapal patroli Coast Guard, Monomoy, dikirim dalam sebuah kapal kecil "untuk menanyai kapal ikan Iran tersebut" di perairan internasional, kata Angkatan Laut AS dalam sebuah pernyataan.

"Awak kapal ikan itu terlatih dan siap menembakkan senapan mesin kaliber .50 ke kapal kecil AS ketika kapal itu mendekat sebagai bagian dari operasi keamanan maritim rutin," kata pernyataan Angkatan Laut. "Tindakan awak kapal ikan itu menunjukkan niat bermusuhan," sehingga mendorong kru Coast Guard untuk berpaling dan kemudian melakukan serangkaian tembakan "demi membela diri," kata Angkatan Laut.

Juru Bicara Pentagon, Laksamana Muda John Kirby, mengatakan tidak ada indikasi apakah kapal ikan itu terkena tembakan.

Pernyataan Angkatan Laut AS mengatakan, awak kapal ikan tidak merespon ketika tembakan terjadi dan meninggalkan tempat kejadian tanpa berkomunikasi dengan Monomoy.

Sebelumnya, Monomoy telah melakukan komunikasi dengan kapal ikan itu dan menegaskan bahwa itu adalah kapal berbendera Iran, kata Angkatan Laut.

Tidak ada personel kapal AS yang terluka dan awak kapal kecil itu kembali dengan selamat ke Monomoy, kata pernyataan Angkatan Laut.

Coast Guard berada di Teluk untuk beroperasi bersama Armada Kelima Angkatan Laut AS.

  Kompas  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...