Kamis, 04 Agustus 2016

[Dunia] China Peringatkan Warganya Akan Kemungkinan Perang

✈ LCS Memanas✈ China memperingatkan warganya akan kemukingkan pecahnya perang di Laut China Selatan. (Istimewa)

Menteri Pertahanan China memperingatkan ketegangan yang terjadi di Laut China Selatan (LCS) bisa menimbulkan konfrontasi langsung. Ia pun meminta kepada militer, polisi, dan masyarakat umum untuk siap membela keutuhan wilayah negara itu.

Chang Wanquan membuat pernyataan tersebut saat meninjau instalasi militer di Provinsi China timur pesisir Zhejiang. Begitu laporan kantor berita Xinhua tanpa memberikan kapan ia mengatakan hal itu.

"Keseriusan situasi kemanan nasional harus diakui, terutama ketika datang ancaman yang ditimbulkan dari laut. Militer, penegak hukum China, dan warga harus siap untuk mobilisasi dalam perang rakyat di laut," kata Wanquan seperti dikutip dari Russia Today, Kamis (4/8/2016).

Menurut Wanquan, masyarakat umum harus dididik tentang isu-isu pertahanan nasional karena kedaulatan nasional dan integritas wilayah dalam ancaman.

Pernyataan Wanquan ini muncul ditengah ketegangan yang belum pernah terjadi sebelumnya atas pulau-pulau yang disengketakan di LCS. Beijing telah membangun sejumlah landasan dan instalasi militer di terumbu karang dan pulau-pulau buatan yang diklaim oleh sejumlah negara.

Angkatan laut Amerika Serikat (AS) telah mengirimkan kapal perang dan pesawat militer untuk mendekati pulau-pulau yang disengketakan secara langsung. AS mengatakan melakukan hal itu untuk memastikan prinsip-prinsip kebebasan navigasi di perairan internasional. Washington juga terlibat dalam sejumlah latihan militer di kawasan itu. (ian)
 

  sindonews  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...