Sabtu, 06 Agustus 2016

[Dunia] Tujuh Pertanyaan dan Jawaban Seputar Penembakan Helikopter Mi-8 di Suriah

Pada 1 Agustus lalu, milisi dari front Al-Nustra menembak jatuh sebuah helikopter transportasi militer Rusia Mi-8 di Provinsi Idlib. Kelima kru pesawat tewas. Apa saja yang telah diketahui mengenai serangan tersebut dan bagaimana Moskow mencegah jatuhnya korban tewas tentara Rusia di Suriah lebih lanjut? Orang-orang memeriksa puing-puing helikopter Rusia yang ditembak jatuh di sebelah utara Provinsi Idlib yang dikuasai pemberontak, 1 Agustus 2016. [Reuters]

1. Ke mana Mi-8 hendak terbang?

Helikopter transportasi militer Mi-8 tengah berada dalam perjalanan menuju markas militer Hmeimim setelah membawa bantuan kemanusiaan bagi para penduduk Aleppo.

2. Siapa yang menembak helikopter?

Milisi front al-Nusra di Provnisi Idlib menembak jatuh helikopter dengan menggunakan misil darat-ke-udara.

3. Bagaimana helikopter dihancurkan?

Helikopter tersebut sedang terbang di ketinggian 4.500 meter saat mengalami serangan. Sebuah helikopter yang terbang di ketinggian itu dapat ditembak oleh sistem pertahanan udara (yang tak dimiliki para milisi) atau menggunakan sistem pertahanan udara MANPADS (man-portable air-defense systems).

Menurut pakar militer TASS Victor Litovkin, para teroris kemungkinan menembak Mi-8 dengan MANPAD Igla, yang mereka curi dari gudang senjata di Libya, atau MANPAD Stinger Amerika, yang dipasok untuk oposisi moderat, tapi jatuh ke tangan para milisi.

4. Bagaimana seharusnya awak helikopter merespons serangan misil darat-ke-udara pendeteksi panas?

Helikopter transportasi militer Mi-8 dilengkapi dengan sejumlah sistem perlindungan terhadap misil darat-ke-udara dan udara-ke-udara. Salah satunya berupa jebakan panas untuk mengalihkan rudal jelajah dengan inframerah dari helikopter, yang harus digunakan para kru saat diserang oleh MANPAD.

Sistem ini menembakkan semacam rudal berlidah api dan ‘menarik’ hulu ledaknya ke mereka. Karena temperatur lidah api lebih tinggi dari temperatur mesin, hulu ledak yang dikendalikan inframerah terbang menjauhi helikopter,” kata Dmitri Safonov, pengamat militer dari surat kabar Izvestia.

Namun, alasan mengapa para kru tak meluncurkan jebakan panas ini tak diketahui.

5. Mengapa helikopter itu terbang tanpa pengawalan?


Menurut Litovkin, hal ini adalah kesalahan komando pasukan udara Rusia di Suriah, serta mata-mata Suriah, yang menyampaikan pada militer Rusia bahwa sepanjang rute yang akan dilalui Mi-8 tak akan ada militan.

6. Apakah Mi-8 membawa senjata?

Menurut Kementerian Pertahanan Rusia, selama melakukan misi, Mi-8 hanya dipersenjatai oleh senapan mesin yang dilengkapi amunisi.

7. Misil apa yang ditemukan di lokasi kecelakaan Mi-8?

Menurut keterangan Wakil Direktur Institut Analisis Politik dan Militer Alexander Khramchikhin, rocket pod dengan hulu ledak reaktif kendali dan tanpa kendali dapat dipasang ke helikopter. Namun, dalam misi kemanusiaan di Aleppo, Mi-8 tidak membawa hulu ledak semacam itu.

Dalam perang, tak ada moda transportasi yang ‘bersih’. Pertanyaannya adalah misi apa yang harus dicapai oleh helikopter tersebut. Mi-8 memiliki perangkat militer, tapi tak berarti mereka akan digunakan. Hal ini tak bisa dibandingkan dengan (helikopter) Ka-52, misalnya,” terang Khramchikhin.

  RBTH  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...