Kamis, 04 Agustus 2016

TNI AD Ujicoba MLRS buatan Brasil di Pantai Bocor Kebumen

MLRS Astros II Mk 6 Uji coba MLRS Brasil di Kebumen. ©2016 merdeka.com/parwito

Mabes TNI AD melakukan uji coba tembak senjata peluncur roket baru yang dibeli dan didatangkan khusus dari Brasil. Alutsista yang dilengkapi dengan teknologi komunikasi data dan suara yang dapat diintegrasikan dengan teknologi battle management system dan navigasi tersebut mampu menjangkau jarak tembak hingga 80 kilometer.

Uji coba roket dengan hitungan mundur senjata roket jenis SS 30, SS 40, SS 60 dan SS 80 diluncurkan di Dislitbang Mabes TNI AD di Pesisir Pantai Bocor, Kecamatan Bulus Pesantren, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Staf Pengadaan Kementreian Pertahanan Letnan Kolonel Arm Aziz Mahmudi menegaskan, alutsista Armed Multi Louncher Rocket System, Astros II MK 6 produksi Avibras Industria Aeroespecia SA (AIA-SA) Brasil ini merupakan sistem senjata peluncuran roket yang memiliki kaliber multi efek gentar yang tinggi. Juga dapat menembakan tiga jenis kaliber dari unit peluncuran yang sama.

astros-2.jpeg"Alutsista baru milik TNI AD ini memiliki sistem berteknologi tinggi dengan dibekali remot kontrol untuk membidik sasaran dan keunggulan lainya adalah akurasi tinggi karena dilengkapi navigator dibantu GPS melalui pusat kendali tembak bataliyon yang memiliki C4, comand, control, computing, comunicatons, inteligance dan navigation," terangnya kepada merdeka.com di Kebumen, Jawa Tengah Kamis (4/8).

Selain itu, Aziz menjelaskan, alutsista ini dapat dioperasionalkan minimal empat orang dengan perlengkapan mekanis hidrolik sehingga memudahkan untuk penggantian, pengangkatan dan penurunan container serta pengisian amunisi baru.

Aziz menambahkan, pengadaan alutsista baru milik TNI AD ini merupakan upaya penguatan pertahanan negara di tengah maraknya berbagai tantangan baik dari luar maupun dari dalam negeri.

https://1.bp.blogspot.com/-EhPHFooQ__k/V6Ld5WjACfI/AAAAAAAAItI/1HBVDWYo8IgoFF18pC829eSdkyARk2h6gCLcB/s1600/astros-1.jpegRheinmetall Fieldguard 3 Fire Control TNI AD

"Kegiatan ini untuk melihat performa dari MLRS yang kita adakan atau kita beli dari Brasil. Roket ini adalah roket buatan Brasil. Kemudian seluruhnya telah tiba di Indonesia, Kemudian saat ini kegiatan untuk performa dari roket, sehingga kita dapatkan jarak maksimum dari penembakan. Diharapkan dari hal tersebut adalah bisa memberikan keyakinan kepada TNI angkatan darat, yang nantinya akan menggunakan alut ini," tambahnya.

Aziz Mahmudi berharap dengan alokasi anggaran USD 378 juta tersebut telah dilengkapi sistem pertahanan di Indonesia serta kemampuan dan modernisasi jajaran alutsista satuan TNI AD khususnya di Satuan Armed.

  ★ merdeka  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...