Selasa, 16 Agustus 2016

India Berharap Kerjasama Keamanan dengan Indonesia Terus Berkembang

Duta Besar India untuk Indonesia, Nengcha Lhouvum Mukhopadhaya melemparkan pujian kepada pahlawan India dan juga Indonesia. (Victor Maulana/SINDOnews)

Pemerintah India berharap, kerjasama dengan Indonesia, khususnya terkait dengan masalah keamanan akan terus berkembang setiap waktunya. Harapan itu disampaikan oleh Duta Besar India untuk Indonesia, Nengcha Lhouvum Mukhopadhaya.

Berbicara saat menyampaikan sambutan di perayaan hari kemerdekaan India ke-69 di Jakarta pada Senin (15/8), Nengcha menuturkan, kerjasama antara Indonesia dan India dalam berbagai bidang sudah sangat baik. Namun, dia berharap kerjasama yang baik ini akan terus berkembang demi kebaikan bersama.

"Saya berharap kerjasama India dan Indonesia pada tahun-tahun yang akan datang semakin berkembang, terutama dalam menjaga perdamaian dunia, serta melawan radikalisme dan terorisme. Selain itu, saya juga berharap kerjasama ekonomi dan perdagangan dapat terus terjalin," ucap Nengcha.

Di kesempatan yang sama, Nengcha juga menuturkan, Indonesia dan India adalah dua negara yang berani bermimpi, dan berjuang keras untuk meraih mimpi-mimpi tersebut. Ini, lanjut Nengcha sesuai dengan semangat yang ditujukan oleh para pahlawan kedua negara.

Di akhir sambutannya, Nengcha mengucapkan selamat Hari Kemerdekaan RI ke-71. Ia berharap kedua negara dapat terus bekerjasama untuk mencapai tujuan internasional dan menjamin kestabilan secara nasional.

 Puji Perjuangan Pahlawan Indonesia

Duta Besar India untuk Indonesia, Nengcha Lhouvum Mukhopadhaya melemparkan pujian kepada pahlawan India dan juga Indonesia. Pujian itu disampaikan saat dirinya menyampaikan sambutan di perayaan hari kemerdekaan India ke-69 di Jakarta pada Senin (15/8).

Hari kemerdekaan Indonesia dan India berselisih hanya satu hari. India merayakan kemerdekaan mereka pada tanggal 16 Agustus, sedangkan Indonesia merayakan hari kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus.

"Fakta bahwa hari kemerdekaan Indonesia dan India yang saling berdekatan menjadi bukti bahwa adanya persahabatan dan kolaborasi kedua pemimpin untuk mencapai kemerdekaan. Pejuang kemerdekaan Indonesia seperti Soekarno dan dari India yaitu Jawaharlal Nehru, adalah orang yang sangat berjasa bagi negara kita," kata Nengcha.

Dia menambahkan, masa depan yang kita rasakan saat ini dan nanti, tak lepas dari peran pejuang kemerdekaan itu. Ia juga menegaskan, kemerdekaan yang diraih oleh para pahlawan tidak hanya berkontribusi pada kemerdekaan negara India atau hanya Indonesia semata, tetapi juga pada perdamaian global.

Salah satu contoh yang dia sampaikan adalah digelarnya Konferensi Bandung, atau yang lebih dikenal dengan Konfrensi Asia-Afrika (KAA). KAA telah memantik semangat negara-negara Afrika dan Asia untuk meraih kemederakaan mereka. Hasilnya, hanya tinggal satu negara anggota KAA yang belum merdeka saat ini, yakni Palestina.

Perayaan hari kemenderkaan India sendiri pertama kali dilakukan oleh Kedutaan Besar Indonesia yang berada di Jakarta. Nengcha mengaku selama ini Kedubes India hanya merayakan hari terbentuknya Konstitusi India, yang dirayakan pada bulan Januari. (esn)
 

  sindonews  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...