Jumat, 19 Agustus 2016

Kopaska TNI AL Latihan Bersama SSG Pakistan Navy

http://koarmabar.tnial.mil.id/Portals/0/BERITA/2016/Agustus/18082016%20latma%20pakistan%20navy.jpgTentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) menggelar latihan bersama antara Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) TNI AL dengan SSG Pakistan Navy yang dibuka Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Laut (Asops Kasal) Laksamana Muda TNI I.N.G.N. Ary Atmaja, S.E., diwakili Waasops Kasal Laksamana Pertama TNI Mintoro Yulianto, S.Sos., M.Si., di Markas Komando Satkopaska Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar), Pondok Dayung, Jakarta Utara, Kamis, (18/8).

Dalam amanatnya Asops Kasal Laksamana Muda TNI I.N.G.N. Ary Atmaja, S.E., yang dibacakan Waasops Kasal antara lain mengatakan bahwa perkembangan lingkungan strategis telah menempatkan hubungan antara negara semakin kompleks, di samping senantiasa mempertimbangkan kepentingan nasional masing-masing, hubungan antar negara juga ditandai dengan kerja sama yang semakin erat dengan landasan kepentingan bersama. Salah satu bentuk dari kerja sama yang dibangun tersebut adalah pelaksanaan latihan militer bersama antara Kopaska TNI AL dengan SSG Pakistan Navy.

Untuk menjaga kedaulatan serta integritas Negara Kesatuan Republik Indonesia dari segala bentuk gangguan, hambatan serta ancaman baik yang potensial maupun faktual, sangat diperlukan kehadiran Tentara Nasional Indonesia yang kuat dan profesional serta mendapat dukungan baik moral maupun material dari seluruh komponen bangsa. Dalam rangka mewujudkan postur TNI yang seperti itu, salah satu kebijakan pemimpin TNI AL adalah meningkatkan profesionalisme prajurit. Hal ini ditempuh dengan meningkatkan pengetahuan/knowledge, keahlian/skill dan sikap hidup/attitude yang dilandasi semangat juang moralitas dan jati diri sebagai seorang prajurit. Tolak ukur prajurit profesional adalah prajurit yang secara individu dan kelompok memiliki kemampuan dan keterampilan sesuai standar yang dipersyaratkan, sehingga dapat menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya sesuai job description secara baik, benar dan tepat.

Lebih lanjut Asops Kasal mengatakan, sejalan dengan perkembangan dan perubahan dunia global serta tantangan tugas ke depan yang semakin berat dan kompleks, Satkopaska TNI AL yang memiliki tugas khusus melaksanakan special warfare atau peperangan laut khusus, dituntut terus meningkatkan kemampuan dan profesionalismenya dengan berlatih secara terus menerus. Untuk menambah wawasan yang lebih luas, maka diperlukan latihan-latihan yang tidak hanya dilakukan di lingkup negara sendiri, namun juga dilakukan dengan latihan-latihan berskala internasional.

Menurut Asops Kasal, materi latihan kali ini difokuskan pada materi VBSS yaitu Visit Board Search And Seizure dan operasi manusia katak atau frogman dalam peperangan laut khusus. Dari latihan ini diharapkan adanya peningkatan dalam berbagai hal, baik itu materi latihan, kebersamaan, kekeluargaan serta kerja sama antara Kopaska TNI AL dengan SSG Pakistan Navy. Bagi prajurit Satkopaska, tentunya latihan ini diharapkan akan meningkatkan kemampuan dari segi teknik, taktik perorangan maupun Tim, khususnya dalam penanggulangan teror di laut.

Mengakhiri amanatnya Asops Kasal menyampaikan beberapa hal untuk dipedomani dan dilaksanakan antara lain agar melaksanakan latihan ini dengan serius dan penuh tanggung jawab disertai motivasi, dedikasi dan semangat yang tinggi serta meningkatkan kerja sama dan kebersamaan sesama peserta latihan. Selama dalam pelaksanaan latihan agar tetap memperhatikan keamanan dan keselamatan baik personel maupun material. Perbedaan bahasa, bangsa dan karakter agar justru menjadi sarana untuk saling mengenal dan menjalin kerja sama antar bangsa. Juga agar meningkatkan kerja sama dan kebersamaan baik dengan seluruh peserta latihan atau dengan instansi terkait terlebih dengan masyarakat sekitar daerah latihan agar latihan dapat berjalan dengan aman dan lancar dengan hasil optimal.

Hadir pada kesempatan tersebut, Asops Pangarmabar Kolonel Laut (P) I Gusti Kompiang Aribawa, dan Athan Pakistan Kolonel Shahid S.

  Koarmabar  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...