Senin, 15 Agustus 2016

Koarmatim Perkuat Kemampuan Tim VBSS dan Unsur KRI

Ilustrasi Tim VBSS TNI AL [@defence.pk]

Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (TNI) Darwanto, S.H., M.A.P., dalam rangka meningkatkan kemampuan tempur personil dan unsur-usur Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) TNI Angkatan Laut, Komandan Satuan Jajar Kapal Eskorta (Dansatkor) Koarmatim Koarmatim Kolonel Laut (P) Ariantyo Condrowibowo melaporkan tentang standarisasi perlengkapan perorangan tim Visit Board Search Seizure (VBSS) KRI, bertempat di Gedung Candrasa, Ujung Surabaya. Jum’at , (12/8).

Tim VBSS yang berjumlah tujuh personil terdiri dari seorang Point Man, Leader, Crew 1,2,3, Vice Leader dan Rear Security. Menurut Dansatkor Koarmatim, setiap KRI akan memiliki 1 Tim VBSS, dan ke depan TIM VBSS KRI akan mendapatkan dukungan peralatan berstandar tempur yang diantaranya adalah helm, google/kaca mata, pelindung siku, sarung tangan, sabuk, HT, pelindung lutut, swimfest, rompi anti peluru, sepatu, sarung pistol dan pistol untuk Komandan Tim (Dantim), sedangkan senjata laras panjang untuk Crew.

Dalam tugasnya, Tim VBSS melakukan pendekatan kepada sasaran menggunakan sarana yang sesuai situasi dan kondisi saat itu, dengan bergerak cepat seluruh menaiki kapal musuh dilanjutkan dengan memeriksa awak kapal baik personil dan dokumen yang diduga melakukan pelanggaran atau tindakan ilegal lainnya yang berlangsung dilaut, untuk selanjutnya dilaksanakan penanganan terhadap sasaran atau musuh.

Setelah itu, Mayor Laut (E) Bashori yang menjabat sebagai Kasilogmat Disinfolahta Koarmatim memamparkan tentang optimalisasi software electronic navigation system guna mendukung sistem navigasi berbasis teknologi informasi dan komunikasi di KRI. Disampaikan bahwa, “Peralatan navigasi yang digunakan di KRI selain memberikan keyakinan bernavigasi juga memberikan keyakinan untuk mampu melaksanakan operasi secara aman dan cepat”.

Pangarmatim dan staf sebelumnya juga menerima kedatangan dari PT. DCN Indonesia dan CV. Dwi Cipta Nugraha. Dihadiri oleh General Manager Saiful Ummah beserta Direktur Hary Setyo Nugroho, perusahaan yang bergerak dibidang distributor Sealing Element ini, mempunyai misi mengembangkan produk dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam dan luar negeri.

Hadir dalam acara tersebut, Danguspurlatim Laksamana Pertama (Laksma) TNI I.N.G Ariawan, S.E., M.M., para pejabat Utama Koarmatim, dan para Komandan Satuan jajaran Koarmatim. (Dispenarmatim)
 

  TNI AL  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...