Senin, 08 Mei 2017

[Dunia] Italia Kenalkan Jet F-35B Buatan Sendiri

Jet tempur F-35B, varian F-35, yang dibuat di Italia. (Aeronautica Militare/ Lockheed Martin)

Sebuah fasilitas produksi militer Italia meluncurkan pesawat jet tempur F-35B pertama yang dibuat di negara itu. Produk jet tempur canggih di bawah lisensi Lockheed Martin ini diklaim mampu lepas landas di landasan pacu pendek dan mendarat secara vertikal.

F-35B adalah varian dari jet tempur F-35. Jet tempur F-35 generasi kelima selama ini ini dianggap kontroversial karena biaya produksi sangat mahal namun kinerjanya bermasalah.

Pesawat yang dibuat versi Italia ini diberi nama kode BL-1. Pesawat diluncurkan pada hari Jumat di sebuah fasilitas industri di Kota Cameri, Italia utara. Demikian pernyataan pers Lockheed Martin.

Pesawat jet tempur ini akan melakukan penerbangan perdananya pada akhir Agustus. Pesawat akan dikirim ke militer Italia pada bulan November tahun 2017.

Setelah menjalani serangkaian ”penerbangan kepercayaan”, pesawat jet tempur siluman ini akan diterbangkan ke pangkalan Angkatan Laut AS di Maryland untuk mendapatkan sertifikasi dan pelatihan awak pada awal tahun 2018.

Menurut Lockheed Martin, Angkatan Udara Italia telah menerbangkan lebih dari 100 jam terbang untuk pesawat tempur tersebut.

Italia bukan hanya mitra program F-35 yang dinilai telah mencapai banyak program F-35 pertama, namun juga merupakan komponen kekuatan udara NATO yang kritis, yang memberikan kekuatan udara maju bagi aliansi untuk satu dekade yang akan datang,” kata Doug Wilhelm, Wakil Presiden Manajemen Program F-35 Lockheed Martin, seperti dikutip dari Russia Today, Minggu (7/5/2017).

F-35 sedang dibangun oleh AS bekerjasama dengan beberapa negara mitra. Hal ini diyakini sebagai pesawat termahal yang pernah dirancang untuk militer.

   sindonews  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...