Kamis, 18 Mei 2017

Panglima TNI Pimpin Delegasi ke Forum ACDFIM

✈️ Di Filipina✈️ Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo, bersama perwira tinggi TNI sedang berfoto dengan Pangab Filipina Jenderal Eduardo M. Ano [Dok. Puspen TNI]

Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo, memimpin langsung Delegasi Indonesia pada Forum ke-14 Asean Chiefs of Defense Forces Informal Meeting (ACDFIM) yang akan berlangsung mulai dari tanggal 17 Mei 2017 sampai 19 Mei 2017 di Sofitel Philippine Plaza, Manila, Filipina.

Seperti dikutip dari keterangan resmi yang diterima Akurat.co, Panglima TNI didampingi oleh Asintel Panglima TNI Mayjen Benny Indra Pujihastono, Kabais TNI Mayjen Hartomo, Kapuspen TNI Mayjen Wuryanto, Waasops Panglima TNI Laksma Nurhidayat dan Kapuskersin TNI Laksma Tatit Eko Witjaksono Pada tahun 2017 ini, selaku Ketua Sidang Forum ke-14 ACDFIM yaitu Pangab Filipina Jenderal Eduardo M. Ano, dengan mengangkat tema 'Partnering For Change, Engaging The World (Kemitraan untuk perubahan dengan melibatkan dunia)'.

Forum ke-14 ACDFIM itu merupakan pertemuan informal para Panglima Angkatan Bersenjata (Pangab) di kawasan Asean yang bertujuan sebagai sarana untuk bertukar informasi, pemikiran, pengalaman dan keahlian serta penyampaian pendapat dalam menghadapi tantangan dan ancaman bersama di kawasan Asean. Sedangkan sasaran yang ingin dicapai yaitu diperolehnya persamaan persepsi dalam menciptakan stabilitas keamanan kawasan serta terjalinnya hubungan kerja sama yang baik, sehingga mempermudah koordinasi dalam menghadapi permasalahan yang terjadi di kawasan Asean.

Pada Forum ke-14 ACDFIM tahun 2017, agenda pertemuan yang akan dilaksanakan diawali dengan laporan hasil Asean Military Intelligence Informal Meeting (AMIIM) dan Asean Military Operations Informal Meeting (AMOIM), dilanjutkan dengan presentasi masing-masing Ketua Delegasi. Kemudian dilanjutkan diskusi rencana kerja kegiatan tahunan militer Asean dan akan diakhiri dengan penandatanganan keputusan bersama seluruh Pangab se-Asean.

Dalam rangkaian Forum ke-14 ACDFIM tahun 2017, Panglima TNI akan melaksanakan pertemuan bilateral dengan beberapa Pangab. Pertemuan ini sebagai perkenalan antar sesama Panglima kawasan Asean sekaligus membahas peningkatan hubungan kerja sama antar kedua negara, khususnya kedua Angkatan Bersenjata.

Pertemuan bilateral yang dilaksanakan diantaranya dengan Pangab Filipina Jenderal Eduardo M. Ano, Pangab Singapura Letnan Jenderal Lim Cheng Yeow dan Pangab Myanmar Senior General Min Aung Hlaing.

  ✈️ Akurat  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...