Minggu, 21 Juni 2015

[World] Berita Sekitar Mistral

Mistral Munculkan Perpecahan Internal di Prancis Kapal multiguna LHD Mistral

Sejumlah instansi pemerintah Perancis berbeda pendapat dengan pemerintah tentang nasib kapal Mistral yang seharusnya dikirim ke Rusia. Mereka tetap berjuang agar kapal dikirim ke Moskow.

Analis politik Prancis Xavier Moreau kepada Radio Sputnik mengomentari gagalnya kesepakatan Mistral memunculkan ketidaksepakatan di tingkat negara antara Departemen Pertahanan dan Departemen Luar Negeri.

Ini adalah fakta yang terkenal bahwa ada perjuangan di internal pemerintah Prancis, khususnya antara Departemen Pertahanan, yang tahu benar bahwa jika Prancis tidak memberikan dua Mistrals ke Rusia itu akan merugikan negara, dan Kementerian Luar Negeri, yang memiliki titik ideologis pandang Atlantisis,“ kata Moreau.

Kementerian Luar Negeri merasa tertipu dengan mengatakan bahwa pertama-tama akan mudah untuk meredakan Rusia agar tidak menuntut banyak dan Prancis akan dengan mudah menemukan pembeli lain untuk Mistral. Dan mereka juga salah beranggapan bahwa kesepakatan akan cepat terselesaikan, kata Moreau.

[Kementerian Luar Negeri] menyadari bahwa tidak akan dapat menjual Mistral ke negara-negara lain, karena China adalah satu-satunya pelanggan potensial untuk operator helikopter Prancis! Tapi saya pikir Amerika lebih memilih Prancis menjual Mistral ke Rusia, bukan China,“ kata Moreau.

Dan dia yakin keputusan akan segera datang. “Entah Prancis akan membayar untuk kesepakatan yang gagal dari anggaran Departemen Pertahanan atau [pemerintah Perancis] akan memberi mistral ke Rusia,” kata Moreau.

Perancis dan Rusia menandatangani kontrak senilai US$ 1,5 miliar untuk pembelian dua kapal kepas Mistral pada tahun 2011. Paris setuju untuk memberikan dua operator helikopter kelas Mistral ke Rusia pada bulan November 2014 dan Juni 2015. Namun, Prancis menangguhkan pengiriman karena menuduh Moskow ikut campur urusan Ukraina.

Kesepakatan itu ditangguhkan pada bulan Mei dan sekarang Prancis ingin mengembalikan uang. Rusia ingin US$ 890 juta yang sudah dibayarkan ke ke Prancis serta kompensasi untuk pembelian peralatan dan pelatihan kru. Sementara Prancis dilaporkan hanya bersedia membayar sekitar $ 870.000.000, jumlah yang belum diterima Moskow.

Menjual kapal kepada pihak ketiga juga menjadi rumit, karena Prancis memerlukan izin Moskow untuk melakukannya. Rusia telah berulang kali menyatakan bahwa ia tidak akan menandatangani izin tersebut, karena Mistral dirancang untuk Angkatan Laut Rusia sehingga akan memunculkan masalah keamanan nasional jika jatuh ke tangan negara lain.
Lavina Rusia akan Gantikan Mistral Pusat Penelitian Rusia, Krylov telah mengembangkan dan meluncurkan proyek kapal pembawa helikopter untuk menggantikan kapal perang kelas Mistral yang ditangguhkan oleh Prancis, ungkap seorang pejabat tinggi di kompleks industri militer Rusia hari Jumat.

Proyek yang disebut Lavina, dengan bobot 24.000 ton, lebih besar dibandingkan kapal buatan Prancis [21.000 ton],” kata pejabat yang dikutip Ria Novosti Jumat 19 Juni 2015.

Menurut pejabat tersebut, kapal perang baru adalah semi-trimaran dengan kemampuan berlayar 5.000 mil dengan kecepatan 18 knot dan kecepatan maksimum 22 knot. Kapal akan mampu membawa 320 awak kapal dan bisa mengambil tambahan 500 pasukan atau 50 kendaraan lapis baja.

Di bawah kontrak US$ 1,5 miliar yang ditandatangani pada tahun 2011, Prancis setuju untuk menjual dua operator helikopter kelas Mistral ke Rusia tapi penyerahan diskors sebagai ungkapan Paris yang menyatakan ketidaksetujuan atas dugaan campur tangan Moskow dalam krisis Ukraina. Rusia telah berulang kali membantah keterlibatannya dalam konflik Ukraina.

Pada akhir Mei, Wakil Ketua Industri Rusia, Oleg Bochkaryov mengatakan bahwa Rusia berencana membangun operator helikopter kelas Mistral sendiri.

Pada hari Kamis, Direktur Departemen Kerjasama Teknis Militer, Alexei Diky, mengatakan Prancis telah menyerahkan ke Rusia beberapa teknologi di blok perakitan untuk pembangunan kelas Mistral.

  jejaktapak  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...