Sabtu, 31 Desember 2016

[Foto] 16 Unit MBT Leopard 2RI

Menambah kekuatan Darat TNI ADKemaren tanggal 28 Desember 2016 telah tiba sebanyak 16 unit MBT Leopard 2RI pesanan TNI AD. Pesanan ini merupakan pengiriman kedua dari jenis MBT Leopard 2RI, yang merupakan upgrade dari MBT Leopard 2A4.

Telah diketahui umum, Bahwa TNI AD telah membeli sebanyak 100 unit lebih MBT Leopard 2A4 surplus/cadangan Angkatan Darat Jerman. Sebagian besar darinya dimodernisasi menjadi MBT Leopard 2RI.

Dari 61 unit yang diupgrade menjadi MBT Leopard 2RI, sebagiannya telah tiba di Indonesia tahun 2016 ini sebanyak 40 unit. Dengan perincian 24 unit dikirim pada bulan September dan kemaren telah tiba 16 unit tambahan di Jakarta. Sisanya direncanakan akan dikirim tuntas pada bulan maret 2017 (ungkap IHS Janes).

Bila kembali mengingat pembelian ini, tadinya TNI AD akan membeli sekitar 40 unit MBT Leopard bekas AD Belanda, namun karena kelakuan paranoid parlemen Belanda yang melarang penjualan ke Indonesia dengan berbagai alasan yang tak masuk akal. TNI AD akhirnya memutuskan membatalkan pembelian dari Belanda.

Kemudian dalam waktu yang tidak terlalu lama, TNI AD mendapat info dari Jerman, akan dilepas ratusan MBT surplus/cadangan Jerman untuk pasar ekspor. Tanpa membuang waktu, pihak TNI AD melobi pemerintah dan menawar ala 'Pedagang Padang' yang akhirnya mendapatkan ratusan unit plus puluhan IFV Marder dengan harga yang hampir sama dan ini merupakan usaha perjuangan yang manis dalam sejarah akuisisi alutsista TNI AD.

Berikut dibawah penampakan lain MBT Leopard 2RI ketika tiba di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta dari beberapa sumber diposkan di defence.pk :

[​IMG]
[​IMG]
[​IMG]
[​IMG]

  Garuda Militer  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...