Rabu, 28 Desember 2016

Tradisi Mandikan Pesawat Tempur

Di Lanud Supadio http://cdn2.tstatic.net/pontianak/foto/bank/images/seluruh-personil-skadron_20161227_184746.jpgSeluruh personil Skadron Udara I melaksanakan pemandian pesawat Hawk 100/200 di shelter Skadron Udara I Lanud Supadio, Selasa (27/12). Pemandian dilakukan sebagai tradisi tiap kali pergantian tahun terjadi.

Kebiasaan Skadron Udara I Lanud Supadio setiap menjelang pergantian tahun baru, ada tradisi unik yang dilakukan.

Setiap pesawat jenis Hawk 100/200 akan dimandikan oleh seluruh kru Skadron Udara I Lanud Supadio secara bersama, di Shelter Skadron Udara I Lanud Supadio, Selasa (27/12/2016).

Tradisi memandikan pesawat sudah menjadi hal lumrah setiap tahunnya. Sebagai upaya resolusi baik di jajaran dan terhada psawat melalui acara pemandian ini.

Tak ubahnya memandikan kendaraan biasa pada umumnya mobil atau motor. Setiap pesawat akan disirami air serta cairan krem pembersih.

Setiap pesawat dibersihkan 4-5 personil.

Hal ini dilakukan berbaringan, dengan menderetkan posisi pesawat di Shelter Skadron Udara I Lanud Supadio.

Tampak dari samping barisan pesawat sangat indah.

Layaknya persiapan untuk terbang bermanuver.

Acara pemandian ini dipimpin langsung Danskadron Udara I, Letkol Pnb Agung Indrajaya.

tradisi mandi pesawatPembersihan dalam pemandian ini dilakukan pada seluruh bagian pesawat tempur Hawk 100/200 dan sarana pendukung penerbangan yang ada.

"Tradisi "mandi pesawat" ini melibatkan seluruh personel Skadron Udara I.

Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap akhir tahun yang bertujuan membersihkan seluruh bagian pesawat agar pesawat selalu dalam kondisi bersih dan siap operasional,
" kata Agung.

Selain tujuan dari membersihkan pesawat, guna meningkatkan kekompakan, sinergi dan soliditas antar sesama personel Skadron Udara I.

Sekaligus sebagai wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah memberikan keselamatan dan kelancaran seluruh pelaksanaan tugas-tugas Skadron Udara I.

Kegiatan mencuci pesawat merupakan wujud syukur kepada Sang Pencipta atas pencapaian keberhasilan pelaksanaan tugas selama ini yang dapat berjalan dengan aman dan lancar,” ungkapnya.

Selama satu tahun penuh pada tahun 2016 ini, Skadron Udara 1 telah melaksanakan berbagai tugas operasi dan latihan dengan lancar dan aman sehingga program “zero accident” yang dicanangkan dapat tercapai.

Semua ini tentunya berkat dedikasi, loyalitas dan kerja keras seluruh anggota Skadron Udara 1, Lanud Supadio yang telah bekerja dalam suatu sistem yang saling mendukung satu sama yang lain, dan semoga di tahun 2017 nanti hal yang sama dapat terus ditingkatkan”, pungkasnya.

Kepala Penerangan Lanud Supadio, Mayor Sus Filfadri menambahkan seluruh personil Skandron Udara I sangat antusias. Kerjasama sebagai satu tidak hanya dalam melaksanakan program tugas penerbangan namun saat seperti ini juga tampak sangat kompak.

"Tradisi ini akan terus dilaksanakan. Sebagai upaya peningkatan dan harapan di tahun selanjutnya. Lancar dan aman dalam menjalankan tugas," tuturnya.

 ♖ Tribunnews  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...