Selasa, 06 Februari 2018

Divisi III Kostrad Segera Dibangun di Makassar

Perkuat Pengamanan Kostrad

M
abes TNI AD segera membangun Markas Divisi III Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) di Makassar, Sulawesi Selatan.

Hal itu ditegaskan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono saat menggelar Rapat Pimpinan (Rapim) TNI AD 2018 di Mabesad, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Senin (5/2/2018).

"Markasnya nanti di Makassar. Markas Komandonya, Madiv III nya di Makassar. Tapi di Papua itu merupakan penyebaran dari satuan di bawah Divisi III Kostrad, kemungkinan Brigade dan sebagainya," ujarnya.

Mantan Pangkostrad ini menjelaskan, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meminta pembentukan divisi tersebut dalam 100 hari ke depan.

"Mungkin pembentukan markasnya dulu, pembentukan organisasi dan markasnya dulu. Kalau 100 hari harus membuat divisi dan markasnya mana bisa. Kan markasnya itu ada tiga Brigade," kata Mulyono.

Terkait dengan rencana penempatan pasukan di Papua, Mulyono menambahkan, personel yang akan ditempatkan di daerah tersebut merupakan bagian dari Divisi Kostrad Makassar.

"Yang sekarang sudah dinyatakan itu adalah markasnya di Makassar kemudian Divisi 3 itu (di Papua) menjadi embrio dari Divisi Kostrad yang ada di Makassar," katanya.

Seperti diketahui, saat ini Divisi Infanteri 1/Kostrad berada di Cilodong, Depok, Jawa Barat. Sedangkan Divisi Infanteri 2/Kostrad berada di Singosari, Malang, Jawa Timur. Penempatan pasukan ini untuk memperkuat pengamanan di daerah perbatasan. (pur)

  Sindonews  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...